Inilah Keuntungan Memiliki Blog Berfokus Satu Niche

Fokus Blog NicheBagi seorang blogger sejati, aktifitas ngeblog memang sangat menyenangkan sehinga meskipun tidak mendapatkan apa-apa pun sebenarnya ya tidak masalah, namun akan justru nikmat bila ngeblog sambil menghasilkan uang. Betul kan?

Jika Anda sepakat dengan ngeblog sambil mencari duit, maka ngeblog berfokus kepada satu niche lah yang paling pas menurut saya. Mengapa? karena dengan kita ngeblog yang berfokus niche, maka blog kita akan menjadi authority, berkualitas serta konsisten dalam menyuguhkan artikel-artikel yang disukai oleh pembaca regular blog Anda.

Selain itu blog niche akan lebih mudah dioptimasi dan mendapatkan trafik organik dari mesin pencari dibanding dengan blog general atau gado-gado meskipun tidak sedikit blog ala gado-gado juga memiliki trafik bejibun. Namun dari semua itu, jika berbicara masalah monetisasi dan komunitas pembaca, jelas blog niche lebih unggul.

Jika Anda masih belum tahu seperti apa sih blog niche itu? blog inilah contohnya yang berfokus pada niche bisnis online dan blogging.:) Semua artikel yang saya suguhkan disini adalah artikel yang relevan dengan apa yang dinamakan making money online atau cari duit online.:D

Berikut ini keunggulan dan keuntungan memiliki :

  • Pengunjung yang Tertarget

Jika Anda ngeblog berfokus pada satu niche, maka peluang untuk mendapatkan pembaca regular yaitu pembaca setia yang selalu berkunjung ke blog Anda setiap ada artikel baru akan lebih besar karena mereka ini adalah pembaca yang tertarik dan menyukai topik niche blog Anda.

Akan lebih baik mendapatkan pengunjung tertarget karena mereka akan selalu berkunjung kembali, subsribe ke RSS feed Anda serta akan selalu memberikan komentar, masukkan bahkan kritikan yang membangun pada setiap artikel Anda.

  • Lebih Mudah Operasionalnya

Dengan blog satu niche, maka sebagai pemilik blog, Anda akan lebih mudah memaintain blog seperti menulis artikel baru yang tentunya niche ini pastinya yang Anda sukai sehingga menulis artikel tidak menjadi beban, bahkan Anda bisa menjadi ahli dalam niche ini dan terus berbagi ilmu melalui artikel untuk pembaca Anda.

Selain itu bagi pembaca, mereka akan menyukai blog Anda karena dalam satu blog niche mereka bisa mendapatkan artikel-artikel yang mereka sukai.

  • Komunitas Yang Kuat

Dengan ngeblog dalam satu niche, maka Anda akan memiliki basis komunitas pembaca yang solid yang selalu enjoy dan kangen dengan blog serta tulisan-tulisan terbaru Anda, saling berkomentar menyampaikan ide, masukkan, kritikan bahkan perasaannya.

Selain itu Anda akan memiliki banyak teman dengan satu kesukaan yang sama yang pada akhirnya bisa saja menjadi partner dalam bisnis yang terkait dengan niche blog. Ujung-ujungnya teman dapat, profit pun lancar.:)

  • Mudah Mendapatkan Profit

Seperti saya sebutkan di atas tadi, ada hal lainnya yang bermanfaat semisal jika Anda memiliki blog niche dalam bahasa inggris, maka Anda akan mudah untuk memonetisasinya dengan menggunakan Google Adsense atau langsung menjual space iklan pada blog Anda karena niche blog sangat disukai oleh advertiser baik itu dari Adword maupun langsung ngiklan di blog Anda.

Para advertiser ini akan mendapatkan untung besar dari produk atau jasa yang dijualnya dengan niche yang sesuai blog Anda melalui iklan yang tampil dan mereka akan mendapatkan pengunjung berpotensi membeli yang memang tertarget.

  • Optimasi Seo Jadi Lebih Mudah

Dengan blog niche, maka konten Anda akan selalu relevan dan tidak out of topics sehingga dari segi on page akan sangat kuat. Selain itu dengan komunitas niche yang Anda miliki, akan lebih mudah untuk saling memberikan backlink dan pastinya dari blog-blog yang nichenya sealiran.:)

Saya rasa, alasan-alasan di atas sudah lebih dari cukup untuk memulai blog niche jika Anda belum memiliki atau memulainya. Namun sebelumnya, silahkan simak tips memilih niche yang ideal untuk calon blog niche Anda.

Bagi yang fokus ngeblog satu niche, bagaimana pendapat Anda? jika ada tambahan, seperti biasa….silahkan share dibawah…

Image credit : customtelephoneleads.com

15 pemikiran pada “Inilah Keuntungan Memiliki Blog Berfokus Satu Niche

  1. memang, saya setuju dengan om Handoko, tapi rada sulit juga gan,hehe..karena kadang kita juga suka bercerita di blog, sementara, kita ingin fokus di satu niche.

    well, menurut saya sih solusinya punya blog masing2, atau punya blog lebih dari satu,hehe..

  2. benar para pemula harus diberitahukan bukan disimpan untuk kepentingan pribadi.karena kalo mau berkembang sendiri sangat sulit tanpa bersosialisasi dengan yang lain

  3. wah mantap dan berisi postingannya mas..memberikan pengetahuan yang sangat berguna buat newbie seperti saya..meskipun kadang2x masih terasa sulit untuk mencari ide2x yang fresh dan unik karena kaya’nya udah hampir semua masalah telah dibahas duluan sm blogger2x lain.

  4. Memang sangat asyik kalau kita memiliki blog. Berangkat dari ide kecil namun pada akhirnya bisa memberi dampak untuk mencapai hal hal yang besar. Blog bisa kita jadikan sebagai salah satu media untuk melatih ketajaman pikiran. Terima kasih

Tinggalkan komentar