Tips Optimasi Seo On Page Ala Google Panda

Tips Seo On Page ala Google PandaTips optimasi on page ini sebenarnya sudah umum dan bisa ditemukan di blog lain, bahkan pada blog ini di artikel pengoptimal blog secara on page sebelumnya. Namun pada kali ini akan saya bahas sedikit berbeda dari sebelumnya karena memang banyak pertanyaan dari pembaca baik itu melalui form kontak dan langsung chatting dengan saya dan kebanyakan dari mereka selalu bertanya tentang seo baik itu untuk blog yang dioptimasi Adsense, Amazon maupun paid review.

Namun sebelum lebih detail ke pembahasan tips seo on pagenya, saya ingin bertanya dulu, “Bagaimana dengan kabar blog berbahasa Inggris Anda khususnya yang ditarget untuk pengguna bahasa Inggris atau untuk mesin pencari google.com?” apakah aman sejahtera atau sudah almarhum alias kena deindex?

Jika blog Anda aman sentosa, berarti tips seo on page Anda sudah memenuhi syarat standar Google Panda, dan apabila yang terjadi adalah sebaliknya, maka Anda perlu simak kembali tips seo on page berikut supaya pada blog-blog berikutnya bisa Anda terapkan agar aman dari Google Panda ini.

Banyak blogger yang masih berpatokan dan berasumsi bahwasanya backlink adalah satu-satunya cara optimasi seo untuk meningkatkan rangking di Google dan jika Anda pun berpikir seperti itu juga, maka maaf sebelumnya bahwa Anda salah besar!

Mengapa Optimasi Seo On page saat ini begitu penting?

Setelah saya baca kesimpulan mengenai algoritma Google Panda ini dari berbagai sumber terpercaya di internet mulai dari seomoz hingga blog resmi Google Webmaster yang membahas mengenai algoritma Panda ini, optimasi on page saat ini justru lebih penting dari off page seo dimana ini bisa kita ketahui dari pernyataan Google Search quality team yang selalu menekankan kepada user experience yang artinya bisa kita terjemahkan utamakan optimasi untuk pembaca, bukan untuk mesin pencari alias search engine experience dan logikanya, backlink yang biasanya merupakan unsur utama dari optimasi seo on page kan bukan untuk user? karena user atau pembaca blog Anda tidak mementingkan backlink blog Anda tapi konten alias artikel.

Pada intinya backlink tetap penting karena ini memang masih penting untuk mendongkrak rangking pada algoritma Google, namun itu sebaiknya dilakukan ketika konten dan optimasi seo on page sudah benar dan tepat sesuai algoritma Google serta pengunjung.

Jika Anda masih kontra dengan maksud saya di atas, silahkan simak kutipan dari posting terbaru yang ditulis oleh Amit Singhal berjudul “More guidance on building high-quality sites” Blog Google Webmaster berikut ini :

Our advice for publishers continues to be to focus on delivering the best possible user experience on your websites and not to focus too much on what they think are Google’s current ranking algorithms or signals. Some publishers have fixated on our prior Panda algorithm change, but Panda was just one of roughly 500 search improvements we expect to roll out to search this year. In fact, since we launched Panda, we’ve rolled out over a dozen additional tweaks to our ranking algorithms, and some sites have incorrectly assumed that changes in their rankings were related to Panda. Search is a complicated and evolving art and science, so rather than focusing on specific algorithmic tweaks, we encourage you to focus on delivering the best possible experience for users“.

Melalui kutipan di atas, sangat jelas bahwa Google menekankan user experience yang dengan kata lain, optimasi seo on page adalah salah satu jalan meningkatkan user experience ini.

Beberapa tahun yang lalu memang backlink adalah senjata utama yang tidak bisa dipungkiri lagi keampuhannya dalam meningkatkan rangking….bahkan tidak perlu yang berkualitas pada jaman dulu, biar tidak berkualitas saja yang penting berjumlah banyak sudah mantap. Namun saat ini sudah berbeda dengan hadirnya sistem Panda dimana aggresifitas backlink yang Anda lakukan, jika optimasi on page blog Anda tidak memenuhi syarat alias jelek, bisa dipastikan semua optimasi seo backlink yang Anda lakukan akan sia-sia bahkan bisa menyebabkan blog Anda terancam spam activity. Maka dari itu, mengutamakan on page seo sangatlah penting dan jika tidak, Anda telah membuang-buang waktu bahkan uang untuk backlink yang Anda beli jika Anda membeli sebuah jasa backlink untuk membangun backlink.

Ok…berikut ini tips seo on page yang perlu Anda lakukan untuk blog Anda. Memang tidak ada sesuatu yang baru dalam tips ini namun setidaknya ini bisa untuk mengingatkan kembali apa-apa yang perlu dilakukan untuk optimasi seo on page :

  • Kata kunci atau keyword yang ingin di target harus ada dalam title atau judul artikel.
  • Pastikan kata kunci tersebut juga ada dalam tag header H1, H2 atau H3 konten Anda.
  • Adanya gambar dalam artikel juga penting untuk variatif dan user experience. Pastikan nama gambar Anda mengandung kata kunci yang ditarget serta memiliki tag “alt” yang juga mengandung kata kunci.
  • Pastikan kata kunci utama muncul pada paragraf pertama dan terakhir dalam sebuah artikel.
  • Pastikan penekanan kata kunci utama atau main keyword density dalam sebuah artikel berkisar antara 2% – 5% dimana patokannya adalah tiap paragraf mengandung kata kunci utama dan buatlan sealami mungkin.
  • Jangan memberikan eksternal link menuju website yang kontennya tidak relevan alias tidak nyambung dengan artikel Anda, misalnya artikel Anda membahas masalah seo namun ada link ke website dengan yang membahas masalah pajak.
  • Jika menempatkan link ke website yang tidak relevan pada artikel, pastikan link tersebut memiliki tag “nofollow” untuk menghindari tuduhan jual beli link.
  • Pastikan setiap artikel memiliki internal link menuju salah satu posting blog Anda sebelumnya yang masih berhubungan. Anda bisa menggunakan plugin Seo Smart Links untuk mengotomatisasi internal linking ini.
  • Anda tahu mengapa Wikipedia sangat terpercaya dan selalu menduduki peringkat atas pada hasil pencarian? itu karena salah satunya mereka selalu internal link yang baik pada kontennya.
  • Pastikan untuk melakukan link pada situs yang authoritative dan trusted yang relevan dengan konten Anda. Ini merupakan salah satu untuk membuat mesin pencari menganggap konten kita berkualitas karena memberikan referensi lain pada sumber yang terpercaya semisal Wikipedia. Sehingga dalam artikel yang Anda buat, kesannya tidak memberikan informasi asal-asalan bagi pengunjung.
  • Pastikan memberi penekanan pada kata kunci dengan tag bold, underline atau italic dan lakukan ini sekali saja pada artikel Anda.
  • Saat ini keyword stuffing atau spam kata kunci di artikel pasti rawan banned, kalau dulu sangat ampuh untuk meningkatkan rangking. Saat ini, justru LSI atau Latent Semantic Indexing yaitu variasi kata kunci sinonim yang sangat penting dalam optimasi kata kunci dalam sebuah artikel dan Google khususnya sangat menyarankan hal ini. Anda bisa mengetahui LSI dengan menggunakan Google Wonder Wheel atau Google Keyword Tools dan lebih jelas untuk masalah LSI ini, bisa Anda baca di sini.
  • Saat ini, pastikan konten artikel Anda memiliki panjang setidaknya minimal 400 kata.
  • Pastikan menggunakan kategori yang mengandung kata kunci relevan dengan topik utama blog Anda.
  • Saat ini, Google Panda sangat memperhitungkan tingkat persentase bounce rate atau pentalan serta durasi pengunjung dalam menelusuri suatu website sebagai tolok ukur kualitas website. Untuk itu, related post, internal linking maupun konten video sangat perlu untuk optimasi hal ini.
  • Pastikan untuk mengupdate artikel blog Anda dengan konsisten entah itu sehari sekali atau seminggu sekali, karena semakin sering blog diupdate, maka Google semakin sering mengindex dan menyukai blog Anda.
  • Pastikan permalink URL artikel Anda seo friendly. Anda bisa melakukan pengaturan ini melalui setting permalink blog Anda dan supaya lebih optimal, gunakan plugin Seo Slug untuk mengoptimasi kata dalam URL postingan yang tidak penting.
  • Sebisa mungkin kurangi penggunaan iframes dan Javascript pada blog Anda.
  • Blokir halaman yang tidak bermanfaat bagi pengunjung seperti halaman search yang sering terjadi pada blog yang menggunakan AGC atau auto generated content dimana halaman ini sebenarnya tidak bermanfaat bagi pengunjung, namun jika disetting dengan benar justru bisa memberikan manfaat, hanya saja kebanyakan tidak disetting dengan benar.
  • Blokir halaman tag dan halaman page hasil dari generate WP-pagenavi jika Anda menggunakannya untuk menghindari masalah duplikasi konten dalam blog Anda. Anda bisa menggunakan fasilitas robots.txt untuk melakukannya.

Nah…itulah beberapa tips seo on page yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah deindex yang sering terjadi pada algoritma Google Panda ini.

Bagaimana dengan blog Anda? apakah sudah menerapkan semua poin dalam tips seo on page di atas?

82 pemikiran pada “Tips Optimasi Seo On Page Ala Google Panda

    • Sebenarnya yg bagus yang diset pakai tag no index, tapi dilemanya halaman search AGC ga bisa terindex Google dan ga bisa mendatangkan trafik. Tapi itulah yg terbaik.

      Untuk alternatif lainnya, usahakan dalam halaman AGC ini ada konten artikelnya yg juga bermanfaat sesuai kata kuncinya dengan link source hasil AGC berupa live link tapi diberi tag nofollow. Tapi untuk aman atau tidaknya sy ga menjamin lho…:)

  1. Hallo Pak, saya tertarik dengan pembahasan point terakhir kedua tentang blog berbasis AGC, setting AGC yg benar menurut bapak gimana ya?

    thanks

  2. thanks ya bang atas infonya,mesti belajar banyak nih mengenai hal diatas td, blog saya msh banyak yang belum diterapkan dgn trik SEO bang,harus lebih giat lg nih bang, sekali lagi thanks bgt infonya,sangat bermanfaat sekali.

  3. Halo pak handoko, trimakasih atas tips yang sangat berharga ini.. salah satu blog saya sudah terkena efek panda ini dan sampai sekarang masih dikurung. Apakah ada cara untuk lepas dari penjara gugel ini.. Terima kasih

    • Kalau kena sandbox tetep aja update seperti biasa dan beri backlink secukupnya dan senatural mungkin mas. Selanjutnya ya nunggu sampai balik normal karena kapan sebuah blog bisa lepas dari sandbox hanyalah Google yang tahu.;-)

  4. Terima kasih atas pencerahannya Mas Handoko. Web saya sekarang ini terjun bebas ke posisi 540an,mungkin hal itu karena saya kurang memahami SEO Onpage ala Google Panda dan backlink yg saya bangun pun kecepatannya mirip ferrari limited edition jadi dianggapspam oleh google. Untuk selanjutnya web yang saya bangun akan mengikuti petunjuk Mas Handoko & Mbah Google Panda

  5. menurut saya ada faktor penitng lainnya. bahkan sangat penting bila bermain di blog bahasa inggris/ asing, yaitu grammar.
    kualitas konten juga ditentukan grammarnya bagus atau tidak.

  6. aku smpe skrg masih blm yakin dgn mitos SEO yg mengatakan meberi link pada situ misal wikipedia dpt meningkatkan ranking.

    Aku justru beranggapan ini hanya sebuah issue agar banyak yg beri BL dan agar situsnya bagus (mksdnya situs wikipedianya yg bagus)

    • IMHO…mungkin yang dimaksud disini, bukan dgn memberikan link ke wikipedia dpt secara langsung naikin SERP ranking di google.
      Tapi dengan memberikan link ke situs yang reliable atau terpercaya semacam wikipedia / about.com atau utk lokalnya ya detik.com ya kita tidak memberikan info asal-asalan kepada pengunjung dan secara tidak langsung dimata google akan memberikan nilai lebih kepada website kita.
      Bukan begitu mas Handoko?

  7. Artikelnya bgs Mas., ini berlaku mulai kapan yah Mas?
    mengingat web iklan baris saya baru pindah server tapi masih bisa nangkring di no 1 di kata kunci pasang banner murah dan 10 besar di pasang iklan gratis di internet(saat ini). dan untuk artikel kontes seo yang websitenya sangat relevan tapi masih saja di halaman 2..
    kalo di presentasikan on page dn off page kira2 brpa % yah Mas?
    50:50 kah?

    Makasih Mas.

  8. Sebtulnya bnyak pertanyaan dari Algoritma G Panda,
    1. Apakah algoritma G Panda hnya berlaku untuk situs bhs Inggis saja ?
    2. Gimana prospek Jual-Beli Link, mati atau ada trik lain ?

    Makasih jawabannya gan.

    • 1. Apakah algoritma G Panda hnya berlaku untuk situs bhs Inggis saja ?

      Sementara memang untuk situs bhs Inggris….namun ga lama pasti akan diterapkan untuk semua Google lokal.

      2. Gimana prospek Jual-Beli Link, mati atau ada trik lain ?

      Sebenarnya mati ngga juga krn banyak yg aman2 aja. Cuman dari dulu juga praktek jual beli link memang udah dilarang oleh Google untuk memanipulasi SERP. Kemungkinan algoritma yg baru ini semakin cerdas dalam mendeteksi praktek ini.

  9. mantab gan, namun itu untuk WP ya, kalau untuk blogspot adakah setting yang maknyus untuk menghadapi panda, karena blog saya juga ada yang blogspot hehehe, makasih

  10. Pastikan memberi penekanan pada kata kunci dengan tag bold, underline atau italic dan lakukan ini sekali saja pada artikel Anda.
    Dari point diatas,,mksdny apakah mlakukan bold pd kata kunci cm 1 tok ato smua kata kunci yg t’dapat di artikel di bold?

  11. Numpang tanya om untuk Poin :
    “Adanya gambar dalam artikel juga penting untuk variatif dan user experience. Pastikan nama gambar Anda mengandung kata kunci yang ditarget serta memiliki tag β€œalt” yang juga mengandung kata kunci.”

    Jadi kita harus masukan Alt secara manual ya di setiap gambar?
    Untuk pengguna blogspot,
    menambahkan info di Caption yang ada di blogspot saja tidak cukup ya ???

    Makasih

  12. Keluarnya Panda karena Google menginginkan para penggunanya tidak beralih ke search engine lain. Sering ketika kita menulis keyword dan ketika di klik ternyata situs yg dituju ga ada info yg kita butuhkan, situs tersebut malah lebih banyak iklan ketimbang kontennya. Google Benci hal ini. Oleh karena itu Bounce Rate yang yg tinggi mulai dicurigai oleh mbah Google.

  13. memang lbh baik lbh memperhatinkan konten daripada berburu backlink… dan sprtinya tu lbh fair jika konten berkualitas mendapat posisi teratas…
    nice share mas. thanks

  14. Sedikit mas, tapi ada beberapa yang saya suka tancapkan external link, internal blm coba, kalau kata penkanan, kadang saya masukan. cuman gak terlalu banyak. untuk backlink apa itu masih berpengaruh atau tidak mas.

    selain dari kontent apa lagi mas, karena saya punya clinet ingin blog pagerank lebih tinnggi, untuk meningkatnya caranya apalagi kira-kira. karena saya hanya di beri permision mempromosikan webnya.

    yang saya kerjakan sekrang hanya , backlink-backlink doank. apa masih ngepek ??

  15. hampir senada dengan yang diatas..
    seo saya sdh hampir saya turutin mirip easy wp seo…internal link dan ekternak ke wiki juga sudah…
    namun kdng idex google saya turun naek..(misal: 2000 hr ini..bsk bisa 700…dan bbrpa hari bisa kembali ke 2000 atau lbh sdikit)…

    untuk bisa menaikan pagerank itu apa harus domain berumur lbh dr 1 thun?
    dan gimana bikin content yg unik jika bahan sama dgn yg laen atau pernah di publish…
    terima kasih mas..

  16. semula saya fokus cari backlink sebanyak mungkin yang sangat melelahkan juga. setelah ada perubahan dari google bahwa kualitas kontent adalah rajanya, saya pikir ini cukup adil. terima kasih infonya.

  17. wah baru kali ini saya baca artikel ga lompat-lompat, sampe habis bacanya, benar2 harus teliti dan hati2 juga ya dalam optimasi seo tersebut, btw thanks atas infonya……..

  18. wah sepertinya belajar memang tetap harus terus dilakukan agar bisa tetap survive. btw, makasih banyak atas informasinya. salam kenal dan sukses selalu.

  19. Internal links sangat bagus ini asal link2 lainnya juga relevan bikin visitor betah πŸ˜€

    klo AGC udah kapok gak main – main lagi πŸ˜€

    Kalo saya malah cuma index halaman posts sama pages aja… tag,search, categories,pages 2-dst tak noindex semua πŸ˜€

Tinggalkan komentar