Tips Jitu Meningkatkan Sales Sebagai Affiliate Marketer

Tips Menjadi Affiliate MarketerSebagai seorang affiliate marketer, kita harus selalu konsisten dalam mencari produk-produk baru untuk dipromosikan yang pada akhirnya bisa menjadi income yang berkelanjutan dan bisa menjadi salah satu sumber pasif income selain Adsense tentunya. Kejelian memilih produk yang mau dipromosikan juga penting karena disinilah faktor penentu sukses atau tidaknya promosi kita selain faktor-faktor lain yang akan saya bahas nanti.

Ada beberapa strategi yang banyak dilakukan affiliate marketer mulai dari jaman dulu saat affiliate masih hot hingga saat ini yang semakin bertambah hot. Sebenarnya affiliate marketing bukanlah hal baru atau sesuatu yang ada di dunia internet saja. Jika anda jeli, dalam dunia offline pun sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, ambil contoh seorang makelar rumah, makelar mobil atau calo sekalipun, ini adalah contoh penerapan dasar dari affiliate marketing karena pada intinya, affiliate adalah suatu usaha mendapatkan komisi dari produk atau jasa yang bukan menjadi milik mereka dengan membantu memasarkannya. betul tidak? hanya saja, dalam dunia online memang lebih enak dan nyaman dalam melakukannya. 🙂

Berikut saya bahas beberapa tips yang bisa anda coba bagi yang memang fokus dalam dunia online affiliate marketing agar sales bisa datang berkelanjutan.

  • Bangun Website Khusus Produk-Produk Affiliasi

Saya yakin dengan membangun sebuah website khusus pembahasan produk-produk yang anda promosikan bisa menjadi sebuah pondasi kuat untuk menghasilkan sales yang berkelanjutan. Beberapa affiliate marketer berpikir bahwa ini tidak perlu karena malah menambah pekerjaan yaitu maintain website tersebut dan mereka bisa mendapatkan penjualan dari affiliate tanpa website dengan promosi di situs-situs social media atau forum-forum. Saya sih setuju-setuju saja dengan cara ini, namun akan lebih joss jika anda memiliki website khusus karena pada saat anda membangun income dari affiliate, anda pun bisa membangun kepercayaan dan prospek dan customer list melalui website khusus ini untuk jangka yang panjang dibawah kontrol penuh anda karena dengan website milik sendiri, maka konten-konten produk affiliasi akan tetap berada disana selama anda membayar biaya domain dan hosting.

Kebalikannya, jika anda posting konten produk affiliasi di website lain yang bukan dibawah kontrol anda, ketika website tersebut down atau tidak beroperasi lagi maka sudah pasti affiliate link dan rangking konten di mesin pencari pun akan hilang selamanya. Saya sendiri, lebih memilih untuk memposting artikel produk affiliasi di blog ini dan beberapa artikel lama pun masih menghasilkan penjualan affiliasi sampai sekarang meski tidak sebanyak dulu.

  • Memberikan Produk Gratis

Sebenarnya sejak dulu para affiliate marketer sudah banyak tahu mengenai hal ini namun banyak juga di antara mereka yang malas melakukannya. Memberikan produk gratis dengan penawaran join sebagai list subscriber seperti yang pernah saya bahas pada artikel tentang list building yang pada akhirnya anda juga bisa memberikan info produk yang anda affiliasikan pada list ini. UUD kan? 🙂

Selain itu, jika anda bisa membuat sebuah produk gratis seperti ebook, anda bisa menyisipi dengan link affiliate untuk mendapatkan pendapatan ekstra. Yang jelas anda tidak boleh terlalu over promote yang ujung-ujungnya isi ebook tidak bermutu lagi karena dibombardir dengan link promo saja. Bahayanya juga akan menurunkan kredibilitas anda sendiri.

  • Membangun Trafik Yang Tertarget

Banyak affiliate marketer yang mendapatkan trafik berlimpah ke website mereka, tapi juga tidak mendapatkan penghasilan dari affiliasi. Kenapa? banyak faktor sih sebenarnya dan salah satu yang menurut saya paling kuat adalah karena trafik yang tidak tertarget pada topik pembahasan website anda. Ini artinya, trafik ini tidak memiliki ketertarikan pada informasi atau produk anda.

Fokuskan konten anda dan lakukan promo website tersebut melalui audience yang tertarget pula, contoh sederhananya seperti jika website anda membahas produk internet marketing, maka anda bisa join di grup-grup facebook IM, forum komunitas IM atau melakukan guest post di blog-blog yang satu topik. Cara ini sangat efektif untuk membantu anda sukses di affiliate marketing.

  • Bahas Produk Yang Anda Affiliasikan

Bagaimana anda bisa mendapatkan penjualan produk affiliasi jika anda tidak pernah membahas sesuatu yang relevan dengan produk tersebut? Sebagai contoh, jika saya menjual produk affiliasi tentang topik internet marketing dan salesnya nol besar, maka bisa dipastikan karena saya tidak pernah membahas sesuatu yang berkaitan dengan produk tersebut sebelumnya. Contoh sederhananya adalah tidak mungkin saya bisa menghasilkan earning dengan menjual produk resep masakan jika saya membahas topik bisnis online di blog ini karena jelas menyimpang dari fokus bahasan utamanya.

Tentu saja tidak harus semua artikel diberi link affiliasi semuanya karena itu justru malah akan membuat artikel anda menjadi sampah karena over promosi. Anda harus bijak dalam mendistribusikan link affiliasi. Lakukan dengan elegan dan professional.

Itulah beberapat tips dan konsep dasar yang perlu dilakukan sebagai affiliate marketer agar penghasilan bisa konsisten dan stabil dalam jangka panjang. Jika anda memang fokus bergelut dalam dunia affiliate marketing, saya yakin anda sudah mengetahuinya atau bahkan sudah melakukannya dengan konsisten. So…bagi pemula yang mau terjun ke dalam dunia affiliate marketer, tidak ada salahnya tips-tips affiliate marketer di atas diterapkan. 🙂

19 pemikiran pada “Tips Jitu Meningkatkan Sales Sebagai Affiliate Marketer”

  1. Terima kasih tips salesnya tapi kegiatan seperti sering nongkrong di forum itu apa ga’ membuang-buang waktu mas, karena harus berlama-lama disana, apa ga’ sebaiknya kita gunakan waktu itu untuk berpromosi secara langsung!

  2. kdg sales gak sabaran yaitu memborbardir calon konsumen dgn berbagai brg dagangan bahkan popup, pdhl msyrkt skr makin pintar jd cr menjual yg baik adlh dgn menyajikan informasi yg benar & akurat dlm arti yg pertama dibangun adlh kepercayaan dulu. Kalau calon konsumen sdh prcy, apapun produk yg dijual pasti dibeli. Nah kalo cara mas handoko ini unik yaitu memperbanyak sahabat dg membagikan info2 terbaru.

  3. Saya masih bingung dengan marketing affiliasi, saya pasang link afiliasi di blog membuat serp-nya turun, saya promosikan blog dengan link afiliasi malah kena banner adword,
    bagaimana solusinya mas agar promosi afiliasi-nya aman dari amukan google ?

Tinggalkan komentar