Studi Kasus Email Marketing: Meningkatkan Penghasilan dengan Email

Pada bab Ini: Contoh lengkap bagaimana email marketing telah meningkatkan penghasilan atau lead untuk perusahaan secara nyata.

Bagaimana email marketing dapat meningkatkan kesuksesan bisnis, produk atau layanan sangat tergantung pada tujuan pemasaran Anda dan tujuan email dalam pemasaran Anda.

Namun, satu hal yang tidak bisa diperdebatkan adalah komunikasi email dan email marketing yang memberikan hasil nyata.

Untuk memberikan Anda gambaran email marketing dan komunikasi email yang dapat memberikan kesuksesan, Saya akan menyajikan studi kasus yang menarik tentang bagaimana email marketing memberikan kesuksesan bagi sebuah perusahaan.

Studi Kasus Email Marketing Meningkatkan Penghasilan dengan Email

Studi Kasus: Bagaimana Empat Email Meningkatkan Pendapatan Non Profit Akhir Tahun sebesar 50%

Studi kasus berikut ini awalnya diterbitkan dalam Marketing Sherpa edisi 26 Juli 2011

Saya sangat romendasikan Marketing Sherpa sebagai pemberi informasi terkini tentang teknik dan perkembangan pemasaran terkini serta studi kasus yang sering terjadi pada campaign yang berhasil.

Tantangan

Untuk organisasi nonprofit manapun, Desember merupakan bulan penting untuk memberikan donasi.

Namun, Kebanyakan orang bersemangat liburan sehingga kesadaran berdonasi dilakukan di detik-detik terakhir.

HealthConnect One

Bagi HealthConnect One, yang menjual alat kesehatan ibu, bayi dan keluarga, Desember merupakan bulan yang penting untuk berdonasi agar bisa mendanai organisasi nonprofit untuk tahun depan. 

Sementara banyak organisasi nonprofit mengirim surat pos pada bulan Desember, HealthConnect One khawatir jika surat pos mereka akan hilang saat liburan.

Jadi, untuk mem-backup pesan pada surat pos, HealthConnect One memulai campaign email marketing skala penuh pertamanya.

Campaign

HealthConnect One merencanakan rangkaian empat bagian email.

Email akan dikirim selama bulan Desember.

Bagian pertama dari seri email akan didesain untuk melengkapi surat posnya, termasuk informasi, nomor telepon untuk memberi donasi dan dipersonalisasi dengan menggunakan nama penerima dan alamat rumah di sudut kiri atas.

Campaign email yang sesuai tapi harus memiliki fleksibilitas untuk lebih emosional.

Tim marketing menggunakan tema tentang “Apakah Anda Pernah Menjadi Bayi” untuk menunjukkan bahwa setiap orang memiliki cara untuk menghubungkan dengan pekerjaan penting.

Ini juga merupakan tema yang diyakini tim marketing akan menjadi lebih baik dari kelompok industri nonprofit dan email konsumen yang dikirim selama bulan Desember.

Tim berfokus pada poin-poin berikut ini dalam mengembangkan email campaign:

Menyederhanakan

Setiap template email harus sederhana.

Sebuah header besar dengan logo, satu gambar bayi, headline, tiga sampai empat kalimat copy dan link untuk donasi (satu-satunya link di email).

Ada juga pernyataan untuk menjaga agar email tetap personal.

Empat email

Empat email yang dikirim menggunakan empat judul berikut ini:

  1. Apakah Anda pernah menjadi bayi?
  2. Lebih dari 143.000 bayi lahir di AS sejak email terakhir kami!
  3. Kita semua adalah bayi!
  4. Happy New Year dari HC One! 

Meskipun setiap email memiliki konten yang unik di dalam body email tetapi semuanya menyoroti empat poin yang sama: ribuan bayi lahir di AS setiap tahun, tidak semua bayi mendapat dukungan yang mereka butuhkan.

HealthConnect One membantu memberikan support kepada keluarga dengan cara siapa yang berdonasi kepada organisasi maka mereka akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

Pernyataan ini menegaskan bahwa semua donasi pada akhirnya akan dikembalikan ke para donatur.

Apa Selanjutnya?

Tim HealthConnect One kemudian mengakses daftar email mereka (saya akan membahas teknik ini nanti) dan menentukan bagian terbaik mana dari database mereka untuk dikirimi email.

Kemudian, mereka mengembangkan landing page eksklusif ke email campaign yang memperkuat pesan campaign dan memasukkan cara termudah mendonasikan uang ke organisasi.

Terakhir, mereka membahas dan merencanakan waktu pengiriman email terbaik, bekerja untuk mengirim email setiap waktu dan juga menghindari waktu ketika orang tidak sempat memeriksa email.

Hasil

Hasil dari email yang dirancang dengan baik ini menunjukkan KPI (key performance indicator) yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan email, open rate dan click-through rate (CTR). 

Mereka juga menunjukkan peningkatan penghasilan secara menyeluruh.

Semua email kecuali email yang dikirim pada tanggal 23 Desember memperoleh open rate lebih dari 20% dan click through rate lebih dari 4%. 

Selain itu, HealthConnect One melampaui tujuan mereka sebesar $15.000 untuk donasi dan menghasilkan pendapatan 50% lebih banyak dalam campaign bulan Desember mereka daripada tahun sebelumnya untuk periode yang sama. 

Kemampuan menggandakan komunikasi menggunakan konten unik dan personal saat menceritakan sebuah kisah dan membuat donasi sederhana bisa menghasilkan campaign donasi Desember yang sukses dan kesuksesan juga untuk HealthConnect.

Kesimpulan

Pada kesimpulan ini, saya memberi poin-poin yang perlu Anda pahami mengapa email menjadi bagian penting dari pemasaran perusahaan manapun, mulai dari perusahaan besar hingga bisnis skala UKM.

Poin penting dari bagian ini meliputi:

  • Email marketing telah berkembang menjadi salah satu channel pemasaran paling efektif dan bernilai tinggi selama beberapa dekade terakhir. Sebelumnya hanya ada channel pemasaran dengan biaya operasional yang tinggi, kemampuan pelacakan terbatas dan kemampuan personalisasi dan penargetan yang terbatas. Pertumbuhan dan perkembangan email marketing telah menciptakan peluang komunikasi pelanggan dengan biaya rendah dan high return sehingga mendorong peningkatan penghasilan.
  • Email marketing menawarkan sejumlah keuntungan yang tidak ditawarkan oleh channel pemasaran lainnya, termasuk: mengurangi waktu dan tenaga, kemampuan untuk mengirim pesan tepat waktu dan personal, kemampuan untuk menguji konsep dan tawaran pemasaran dengan mudah, kemampuan untuk meneruskan pesan kepada keluarga dan teman, keuntungan lingkungan dan kemampuan untuk melacak perilaku pengguna dan tingkat respon dengan mudah.
  • Meskipun media sosial adalah bagian penting dari pemasaran yang lengkap. Namun, email marketing dan komunikasi pelanggan email masih menghasilkan tingkat return on investment yang lebih tinggi dan mendorong tindakan pelanggan yang lebih nyata.
  • Email marketing dan komunikasi email adalah metode yang terbukti menghasilkan banyak respon pelanggan, seperti yang telah dibuktikan dari studi kasus di atas.

Tinggalkan komentar

13.200+ Pebisnis online
telah membacanya

Panduan Internet Marketing Newbie

Dapatkan Ebook ini cukup dengan masukkan Nama dan Email Anda agar saya bisa kirimkan ke email Anda.