Meningkatkan Kunjungan Dengan FeedBurner

feedburnerHalo rekan-rekan, kali ini saya akan mengupas seputar masalah penggunaan FeedBurner untuk menjaring pembaca blog yang berkelanjutan dengan menggunakan jasa layanan update konten blog melalui email.

Walaupun sebenarnya banyak yang tahu kegunaan FeedBurner, namun banyak juga yang belum tahu cara aplikasinya.

Banyak keuntungan jika Anda menggunakan layanan FeedBurner ini karena Anda akan mendapatkan pembaca setia yang selalu ingin menikmati artikel-artikel terbaru Anda disamping untuk menjaring pembaca berkelanjutan.

Email update yang dikirim oleh feedburner hanya berisi kilasan dari artikel Anda, sehingga jika pembaca Anda ingin membaca artikelnya secara keseluruhan maka mereka harus meluncur ke blog Anda. Hal ini tentu akan meningkatkan trafik blog Anda…he..he..he..

Disisi lain pembaca akan mendapatkan artikel terbaru dan memberikan komentar tanpa harus ketinggalan artikel terbaru dari Anda tanpa harus setiap hari mampir ke blog Anda untuk memantau update artikel terbaru.

FeedBurner bekerja untuk menangkap update artikel terbaru melalui RSS reader ( Really Simple Syndication) blog kita khususnya pengguna WordPress yang biasanya diakses dengan alamat http://DomainAnda.com/feed/.

FeedBurner adalah jasa update artikel melalui email yang dimiliki oleh search engine terbesar di dunia yaitu Google. Jadi untuk menggunakan FeedBurner, Anda harus memiliki account email di Gmail. Bagi Anda yang memiliki email di Gmail, maka Anda tinggal sign up menggunakan account email Gmail Anda.

Berikut langkah-langkah pengaplikasiannya :

  • Login dengan account email Gmail Anda atau kalau belum ada silakan buat dulu. Kemudian Anda akan diredirect menuju control panel FeedBurner.
  • Kemudian masukkan alamat RSS feed Anda di kotak isian “Burn A Feed Right This Instant. Type your blog or feed address here”. Isi dengan alamat RSS feed blog Anda. Biasanya alamatnya adalah http://DomainAnda.com/feed kemudian klik Next.
  • Kemudian beri nama feed Anda pada kotak isian Feed Title dan isi Feed Address. Untuk feed address akan mempunyai alamat http://feeds2.feedburner.com/Nama BlogAnda. silakan beri title sesuai keinginan Anda kemudian klik Next. Sampai disini feed Anda sudah jadi.
  • Pada halaman berikutnya silakan klik Skip Directly To Feed Management lalu cari tab Publicize. Disini Anda bisa mempublikasikan artikel terbaru Anda melalui banyak pilihan seperti Email, Headline Animator, atau Ping Shot. Namun disini karena kita membahas penggunaan FeedBurner menggunakan email, maka silakan lanjutkan dengan mengklik menu Email Subscription.
  • Kemudian klik Activate. Setelah itu Anda akan mendapatkan sebuah kode HTML untuk dipasang di blog Anda. Kode ini akan menampilkan sebuah form untuk berlangganan artikel terbaru Anda melalui email dengan cara mendaftarkan email pembaca Anda.
  • Terakhir silakan copy dan paste diblog Anda melalui widget text dan form FeedBurner Anda telah siap menerima pembaca yang ingin menerima update seputar artikel terbaru Anda.

Berikut contoh bentuk form FeedBurner sekalian bagi Anda yang belum berlangganan artikel terbaru saya, silakan daftarkan email Anda di form ini yach… ( Asli lho…bukan screenshot he..he..he.. ) biar bisa ngikutin artikel – artikel saya terus.

Daftarkan email Anda disini untuk selalu mendapatkan update terbaru artikel-artikel saya.
Masukkan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

So…daftarin aja email Anda, setiap ada update terbaru maka akan ada summary dari artikel saya untuk Anda ikuti.
Semoga Bermanfaat.

59 pemikiran pada “Meningkatkan Kunjungan Dengan FeedBurner”

  1. :hihi: feed burner sngt mmbantu skali.. soalnya kdang kan orng gak mngkin ngunjungi blog kita trus untk liat kita dah postng lagi apa blom. Jdi dngn feed burner kalo ada postng baru di blog kita, pngnjung bkal dapet info…

    Nice article mas… :sip:

    • Betul mas, yang penting artikelnya bisa sampai ke subscriber dan bermanfaat. Nah…klo udah gitu biasanya mereka juga akan mampir jika ngga sibuk he..he..he..
      Tapi feedburner kan nampilin kilasan artikelnya aja, jadi klo ingin baca artikelnya lebih lengkap ya mampir deh…hi..hi..hi..
      :hehe:

  2. Sip infonya mas handoko, feedbuner memang bermanfaat sekali bagi bloger yang ingin mengikuti sebuah blog tanpa harus bolak-balik menunggu update artikel.

    Kalo untuk update blog mas handoko biasanya saya pantau diblog businessman, biar lebih enak gitu.. :sip:

    Keep Spirit

    Ricky
    Busiessman

  3. Saya sudah mendaftar di feedburner, hanya belum saya optimasi. Artikel oom menambah wawasan saya untuk optimasi feedburner saya. Makasih banget atas artikelnya.

  4. Thx
    artikelnya bermanfaat untuk aq yang baru pemula ini 🙂

    pengen nanya klo mengganti tulisan enter your email menjadi sesuka hati yang kupengen gimana caranya?

  5. aq daftar kok bisa ya mas. waktu aq masukin blogQ mlh keluar klmt
    “The URL does not appear to reference a valid XML file. We encountered the following problem: Error on line 9: The reference to entity “zx” must end with the ‘;’ delimiter.”.
    mgkn da kode html yg salah. dah ditunjukkin mana yg slh, tp stlh tak hapus, msh ttp gk bisa. tlg dong ksh pencerahannya. :ngacir2

  6. saya pengen email yg didapet dari sucribe google setengah dr artikel yg saya buat, jgn seluruhnya biar mereka datang ke blog sy, gimana cara setting nya di feedberner ya mas? thanks

  7. Kalo saya pilih PingShot gan.. bedanya apa gan PingShot dengan Email Subcription?.. artikel ini bagus juga saya dah buat lewat artikel ini tapi pilihnya PingShot.. bedanya apa gan? hehe 🙂 Thank infonya gan

  8. betul mas… di blog sy yg lainnya, subscribernya udh 400an .. wah pengunjungnya mulai stabilll

    sistem berlangganan ini memang lebih asik dari sekedar bookmark 😀

    tengkyu atas infonya, keep blogging!

  9. sampe saat ini masih bingung bagaimana menggunakan feedburner yang efektif, apakah bila tidak ada subscribers berarti tidak sampainya rss kita ke pembaca lain atau dengan kata lain rss kita tidak terbaca?? dan ada tips untuk menambah subscribers??

Tinggalkan komentar