Manfaat Link Dofollow Bagi Seorang Blogger Yang Perlu Anda Ketahui

manfaat Link DofollowAda pertanyaan dari pengunjung blog melalui komentar, kali ini pertanyaannya adalah “Apa untungnya dofollow baik itu untuk pemilik blog dan blogwalker?”. Inti dari pertanyaan ini adalah keuntungan pemilik blog memberikan link dofollow pada URL komentar dan keuntungan yang didapatkan si blogwalker atau komentator dari URL komentar yang dofollow tersebut.

Sebenarnya keduanya mendapatkan manfaat dari penerapan link dofollow tersebut baik itu untuk si pemilik blog dofollow maupun pengunjung yang berkomentar. Meskipun ada juga kerugiannya terhadap keduanya, namun menurut saya manfaatnya yang lebih bernilai.:)

Berikut keuntungannya…

  • Bagi pemilik blog

Keuntungan :

Dengan menerapkan link dofollow pada URL komentarnya, maka secara otomatis akan mampu menarik lebih banyak pengunjung untuk memberikan komentarnya karena mayoritas para blogwalker selain berkomentar, juga sekaligus membangun backlink ke blog miliknya terutama sekali pada blog yang dofollow.

Kerugian :

Selain sedikit berpengaruh pada distribusi pagerank jika halaman sudah berpagerank juga rawan menjadi incaran para spammer komentar yang hanya bertujuan meninggalkan backlink dengan komentar yang tidak berkualitas, menyimpang dari topik serta bahkan tanpa komentar sama sekali.

  • Bagi blogwalker

Keuntungan :

Dengan komentar berkualitas dan relevan maka komentar akan disetujui pemilik blog dan mendapatkan backlink dofollow plus anchor text yang berupa one way link dimana link jenis ini yang paling berkualitas khususnya bagi Google.

Kerugian :

Sebenarnya hampir tidak ada kerugiannya jika kita berkomentar di blog dofollow yang memiliki otoritas, pagerank dan relevan dengan tujuan backlink. Namun jika kita berkomentar di blog yang dianggap spammer atau mengandung link farm serta hal berbau gambling atau seks, maka backlink dofollow ini justru akan berpengaruh buruk dan tidak bernilai sama sekali.

Nah…Apakah Anda punya tambahan dari manfaat maupun kerugian link dofollow ini?

26 pemikiran pada “Manfaat Link Dofollow Bagi Seorang Blogger Yang Perlu Anda Ketahui”

  1. blog saya yang ini gadogado.info sudah dofollow mas. tapi pengunjungnya masih sepi juga… jadi promosi tetap harus dilakukan ya mas…
    sekalian numpang promosi mas…. blog gadogado.info, dofollow loh…. 🙂

    • Betul mas..harus tetep promosi terus, kalo bisa lebih diperhatikan dulu daripada blog utama, setelah ada trafik dan tahu itu blog dofollow, dijamin trafik mulai naik 🙂

Tinggalkan komentar