Keuntungan Email Marketing

Mengapa email marketing lebih hemat biaya daripada surat pos atau telemarketing?

Mengapa email marketing mampu mendorong return on investment dan metrik keterlibatan pelanggan yang lebih baik daripada teknik pemasaran lainnya?

Bagian ini menjelaskan banyak keuntungan dari email marketing.

Mengapa email marketing memberikan banyak keuntungan daripada bentuk pemasaran tradisional lainnya?

Mengapa Anda mau menginvestasikan waktu dan pemikiran untuk mengembangkan program email marketing?

Keuntungan Email Marketing

Jika dibandingkan dengan bentuk pemasaran lainnya, email marketing menyajikan beberapa keuntungan bagi perusahaan atau bisnis Anda. Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

Menghemat Waktu & biaya dalam Mengirimkan Pesan Pemasaran Anda kepada Konsumen

Luangkan waktu sejenak, pikirkan waktu dan usaha Anda untuk melakukan campaign direct-to-customer atau direct business-to-business menggunakan salah satu dari dua teknik komunikasi pemasaran langsung yang paling jadul:

Surat Pos

Anda harus memberikan cukup waktu bagi desainer untuk membuat desain surat karena biasanya membutuhkan beberapa revisi panjang. Kemudian, Anda harus memberi waktu lagi untuk proses pencetakan serta proses pemasukan ke dalam amplop.

Anda juga harus menunggu ketika proses pengiriman surat dan menunggu konsumen mengambilnya dari kotak pos mereka. Secara keseluruhan, surat pos membutuhkan waktu yang cukup lama.

Telemarketing

Selain harus membuat skrip telemarketing, Anda juga harus menunggu saat agen penjualan Anda melakukan pengiriman ke prospek atau pelanggan pada daftar target Anda.

Dengan email marketing, Anda bisa melakukan komunikasi pemasaran dalam waktu kurang dari dua jam.

Dengan menggunakan template email yang sama, Anda hanya perlu melakukan copy email dan perubahan pada grafis serta menggunakan kueri daftar database yang mudah seperti di sistem email service provider untuk menentukan siapa yang akan dikirimi email.

Pekerjaan tersebut bisa diselesaikan hanya dalam beberapa jam oleh satu orang saja.

Kemampuan untuk Mengirim Pesan Secara Real-Time

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, surat pos atau telemarketing membutuhkan waktu yang cukup lama untuk seluruh prosesnya sedangkan email marketing dapat diselesaikan hanya dalam beberapa jam.

Dengan email marketing, Anda dapat mengirimkan pesan untuk membantu menghabiskan stok barang atau mempromosikannya dengan waktu terbatas sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat mengirim pesan unik secara real-time ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka. Dengan email marketing, proses yang singkat adalah teman terbaik Anda, bukan musuh Anda.

Peningkatan Kemampuan untuk Personalisasi Pesan

Surat pos, telemarketing, iklan televisi dan radio harus dikerjakan dalam format yang sesuai ukuran sehingga hal tersebut menyulitkan Anda untuk mengirim pesan yang fleksibel ke konsumen Anda.

Namun, email marketing memberikan banyak peluang dinamis. Anda bisa mempersonalisasi pesan email marketing dengan nama pengguna atau nama login mereka.

Email marketing menawarkan kemampuan untuk personalisasi informasi pribadi seperti riwayat penjualan atau pembelian. Selain itu, Anda dapat melakukan segmentasi daftar pelanggan ke daftar yang lebih kecil dan mengirim pesan personalisasi.

Misalnya, Anda dapat memilih semua pengguna atau pelanggan yang berasal dari Kota Jakarta, selanjutnya Anda menulis copy dari email marketing Anda tentang Kota Jakarta.

Dengan pemasaran dan komunikasi email, Anda dapat menjangkau pelanggan Anda dengan cara yang sangat personal dan akrab sehingga terjalin hubungan yang lebih dekat antara Anda dan pelanggan.

Kemampuan yang Lebih Mudah untuk Segmentasi Informasi Database User dan Customer

Anda dapat mengelompokkan database pelanggan atau pengguna di email.

Anda dapat mengirim campaign target pemasaran secara spesifik untuk meningkatkan konversi penjualan.

Misalnya, jika Anda menjual busana muslim maka Anda dapat menemukan beberapa orang di database Anda yang pernah membeli hijab sebelumnya. Kemudian Anda dapat mengirim email ke mereka pada bulan tertentu saat stok busana muslim terbaru telah datang. 

Anda harus mengirim pesan yang paling relevan bagi pelanggan yang merespon. Ini adalah cara pemasaran terbaik.

Kemampuan untuk Mengirim Komunikasi yang Lebih intensif

Email bekerja lebih cepat daripada channel pemasaran dan iklan lainnya.

Email membuat Anda bisa berkomunikasi lebih sering dengan pelanggan. Tidak harus menunggu lama karena Anda dapat mengirim email seminggu sekali. Anda juga bisa mengirim email setiap hari jika aktivitas email mereka mendukung.

 Namun perlu diingat, sebaiknya Anda tidak mengirim email ke pelanggan lebih dari sekali seminggu.

Sebelum adanya email, Anda beruntung jika mendapatkan pesan sebulan sekali tetapi sekarang email memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan setiap minggu atau bahkan setiap harinya!

Kemampuan untuk Menguji Pesan Pemasaran dengan Mudah

Pemasaran yang baik selalu bisa diuji dan diukur!

Dengan email marketing, kita bisa dengan mudah melihat grafis, headline, penawaran dan respon pelanggan Anda.

Kita hanya perlu mengirim satu versi email ke list Anda dan versi email kedua ke list pelanggan lainnya (A/B split test). 

Kemudian, alat pelacakan email marketing mampu mengetahui pesan pemasaran mana yang bekerja lebih baik dalam mengonversi penjualan atau tindakan pengguna.

Kita akan bahas lebih rinci di bab khusus nanti.

Kemampuan Pengguna untuk Berbagi Informasi dengan Mudah kepada siapapun

Kapan terakhir kali Anda melihat seorang pelanggan menyerahkan surat pos yang mereka terima ke teman yang tertarik?

Pernahkah Anda melihat seseorang memotret iklan di majalah dan mengirimnya ke keluarga yang mungkin menginginkan produk atau layanan tersebut?

Namun, sekarang kita bisa dengan mudah meneruskan email penawaran menarik atau informasi penting dalam beberapa detik.

Cara tersebut akan membuat pemasaran Anda menjangkau lebih luas.

Banyak orang akan meneruskan informasi yang mereka dapat, dengan begitu maka beberapa orang akan bertindak sebagai pendukung alias buzzer brand Anda.

Biaya Operasional berkurang Secara signifikan

Email marketing membutuhkan biaya operasional yang sangat rendah!

Anda tidak membutuhkan banyak karyawan, desainer, atau analisator pemasaran.

Anda tidak perlu membayar biaya percetakan, biaya kirim pos, langganan telepon atau biaya iklan.

Ada juga sistem seperti Sendy, dimana Anda cukup bayar sekali saja seumur hidup untuk menggunakannya sehingga Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. 

Program email marketing yang efektif hanya membutuhkan platform sistem atau layanan pemasaran email yang bagus serta marketer yang tahu bagaimana memberikan penawaran dan copy atau grafis yang tepat di  depan daftar pelanggan Anda. 

Tidak ada channel pemasaran yang lebih menguntungkan daripada email marketing.

Ikut Menjaga Lingkungan dengan Email Marketing!

Terdengar lucu dan seperti usaha yang sia-sia tetapi sekarang kita harus berusaha untuk lebih ramah lingkungan!

Jika Anda mengoptimalkan email marketing sebagai komunikasi utama dan metode pemasaran direct-to-consumer atau direct business-to-business maka Anda akan membantu menyelamatkan bumi dengan mengurangi jumlah pohon sebagai bahan baku kertas.

Anda bisa ikut andil menyelamatkan bumi sekaligus membantu Anda kesuksesan bisnis Anda. Itupun kenapa saya membuat Ratakan dan mengedukasi kepada setiap orang.

Kemampuan yang Lebih Baik Secara Eksponensial Untuk Melacak Penjualan Dan Keterlibatan Pengguna 

Tidak ada channel pemasaran yang lebih baik dalam hal ketepatan pelacakan dan tolak ukur keberhasilan selain email marketing.

Platform email marketing yang dikembangkan dengan sangat baik dapat memberikan informasi pelacakan tentang berapa banyak orang yang membuka email, berapa banyak orang yang mengeklik link, link spesifik mana yang diklik, berapa banyak orang yang menganggap spam, berhenti berlangganan ataukah email Anda berhasil masuk ke inbox penerima Anda.

Kombinasikan dengan kemampuan bisnis untuk melacak sale back to source dan Anda dapat mengidentifikasi keterlibatan atau respon pelanggan melalui seluruh siklus dengan jelas dan data metrik yang mudah dipahami.

Itu adalah keuntungan utama dari email marketing dibandingkan channel pemasaran lainnya!

Tentu saja, kami rekomendasikan bahwa email marketing adalah salah satu bagian terpenting dari pemasaran Anda.

Namun, seperti yang sudah dijelaskan, jika Anda tidak menggunakan email dalam rencana pemasaran Anda, maka Anda kehilangan sejumlah keuntungan yang dapat meningkatkan penjualan dan keterlibatan pengguna hanya dengan biaya operasional yang sangat rendah dan dalam banyak kasus, waktu dan usaha yang dibutuhkan sangatlah sedikit.

Selanjutnya: Bagaimana cara kerja email marketing dan jejaring sosial?

Tinggalkan komentar

13.200+ Pebisnis online
telah membacanya

Panduan Internet Marketing Newbie

Dapatkan Ebook ini cukup dengan masukkan Nama dan Email Anda agar saya bisa kirimkan ke email Anda.