Cara mengecek Broken link pada blog Anda

Broken LinkBroken link atau dalam bahasa kita disebut dengan link rusak atau link mati adalah suatu keadaan dimana ketika kita mengunjungi link yang dimaksud maka halaman dari link tersebut tidak ada atau bila sebelumnya ada maka sudah dihapus atau dibuang.

Halaman yang tidak ada ini biasanya akan diarahkan ke halaman error 404 jika situs atau blog tersebut menggunakan platform CMS WordPress. Link seperti ini tidak disukai oleh mesin pencari dan juga pengunjung Anda sehingga efeknya akan mempengaruhi jumlah trafik pengunjung karena mereka tidak menemukan informasi yang dicari dan mereka akan segera cabut dari blog Anda daripada harus membuang waktu mengubek – ubek isi blog Anda, apalagi jika navigasi blog Anda kurang bersahabat.

Untuk menghindari dan mengecek apakah ada broken link di blog, Anda bisa menggunakan tools gratis untuk mengecek broken link secara online. Jika Anda menemukan broken link, untuk pengguna WordPress bisa menggunakan plugin 301 redirect atau jika Anda menggunakan plugin All In One Seo Pack tinggal mengaktifkan fungsi 301 redirectnya saja.

Berikut ini ada 5 situs pengecek broken link yang bisa Anda pilih….

  • http://www.indiabook.com/webmaster/link.html
  • http://www.creatingonline.com/site_promotion/broken_link_checker.htm
  • http://www.iwebtool.com/broken_link_checker
  • http://www.addme.com/link-checker.htm
  • http://validator.w3.org/checklink
  • http://www.linktiger.com/index.jsp
  • http://theworkingwebmaster.com/tools/dead_link_checker/dead_link_checker.php

Selain itu, jika Anda pengguna WordPress bisa juga menggunakan plugin Broken Link Checker untuk mengecek broken link blog Anda.

Nah…apakah menurut Anda broken link ini berpengaruh terhadap SEO? Jika ya, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi problem broken link ini?

8 pemikiran pada “Cara mengecek Broken link pada blog Anda

  1. yup benar sekali tu mas,broken link memang sangat mempengaruhi seo blog, disamping ditinggal pengunjung posisi SERP pun pasti akan turun..btw infonya hangat ni mas, ane udah coba n hasilnya top banget..thank`s

  2. broken link memang sangat mempengaruhi seo blog?..wah..thx mas..ini malah luput dari perhatian..

    mari berkunjung ke blog dofollow sobat2..silahkan juga lihat2 koleksi boneka lucu kami..

    hxxp://www.bonekahortadanpoti.blogspot.com

  3. info ini sangat berguna bagi saya, pengguna blogger, mudah2n blogger cepat mempersiapkan plug2 yg kayak begituan. thanks infonya kk

  4. mas handoko saya penguna wp,,terus baru pakaii broken link checker,,dan terdeteksi ada broken link,,yang saya bingung apa yang harus dilakukan ? pilih yang mana dari ketika pilihan ( edit url, unlink dan not broken) bagaimana membedakannya?
    mohon bantuannya. balas ke email saya ya.. terima kasih

Tinggalkan komentar