Berbagai Metode Bisnis Online Lewat facebook

Bisnis online lewat Facebook kini sudah semakin memikat para pebisnis konvensional. Ya…sudah tidak dipungkiri Facebook adalah media sosial yang paling populer dengan jumlah pengguna yang sangat besar dari seluruh dunia. Bahkan Indonesia sendiri termasuk dalam jajaran lima besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak. Inilah yang menjadikan peluang untuk menjalankan bisnis online melalui Facebook akan sangat membantu bagi para pebisnis.

Ada berbagai metode untuk memulai bisnis online lewat Facebook ini. mari kita gali satu-persatu:

Metode #1 – Pondasi Dasar

Bisnis online lewat facebook langkah 1

1. Buat posting yang hebat. Pondasi dasar untuk sukses dalam berbisnis online melalui sosial media adalah konten yang hebat, dan semacamnya. Di Facebook, itu berarti rangkaian link, gambar dan status yang menarik serta diupdate setiap harinya. Ini akan berpengaruh terhadap Edgerank yaitu sebuah algoritma pengukuran yang dimiliki Facebook untuk menentukan kualitas dari sebuah akun Facebook.

  • Cari sebuah topik dan buat konten berkualitas. Tidak harus sebuah topik dimana tidak ada orang yang membahasnya, namun yang terpenting itu haruslah topik yang spesifik. Contoh, mungkin Anda mempublikasikan konten mengenai internet marketing, affiliate atau tentang asmara. Jika Anda berencana untuk memasarkan sebuah produk dalam akun Anda, pastikan untuk menaruh link produk dalam konten yang Anda publikasikan di akun Facebook Anda.
  • Pertimbangkan untuk membuat akun Facebook lain dan memisahkan dari akun pribadi Anda. Gunakan akun ini untuk bisnis online Anda dan hubungkan melalui link agar orang mengetahui bisnis online Anda. Ini tergantung dari Anda sendiri. Anda bahkan akan mempertimbagkan untuk membuat beberapa akun Facebook untuk berbagai keperluan bisnis online Anda. PERHATIAN: Facebook pada dasarnya tidak memperbolehkan satu orang yang sama memiliki beberapa akun dengan email dan nomor handphone yang sama karena Anda akan diminta melakukan verifikasi melalui SMS saat mendaftar akun Facebook.
  • Beri waktu untuk akun baru Anda. Bangun brand dan kredibilitas dengan konsisten memberikan konten baru dan relevan setiap harinya.

Bisnis online lewat facebook langkah 2

2. Buat komitmen untuk menghasilkan uang dari Facebook. Satu-satunya cara menghasilkan uang dari bisnis online lewat Facebook ialah gigih dalam mengerjakannya. Tidak seperti pekerjaan lainnya, membuat konten, menjadwalkan dan fokus adalah kuncinya.

  • Mengatur. Apapun strategi yang ingin Anda jalankan, Anda harus mengatur beberapa hal setiap hari untuk memastikannya berjalan dengan mulus. Rencanakan urutan dan waktu sebelum memulainya. Segala hal yang terencana akan lebih baik daripada yang tidak.
  • Kuantitas. Bisnis online lewat Facebook lebih kepada permainan angka semenjak pemasaran melalui Facebook mutlak tidak mengeluarkan biaya apapun kecuali waktu atau Anda menggunakan fasilitas periklanannya, maka Anda bisa menjalankan strategi pemasaran di Facebook sebanyak yang Anda inginkan dan biarkan hasil statistik atas strategi Anda muncul untuk Anda analisa kemudian.
  • Agresif. Salah satu langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah pengguna Facebook yang melihat fanpage Anda adalah dengan menambahkan teman sesering dan sebanyak mungkin serta semampu Anda. Sebagian akan menerima dan sebagian menolak. Namun perlu di ingat, Anda harus melakukannya dengan tepat karena jika tidak, siap-siap diblokir oleh Facebook karena dianggap spam dengan menambahkan teman terlalu banyak dan sering alias berlebihan.

Metode #2 – Cara Menghasilkan uang dari program affiliate atau sejenisnya

Bisnis online lewat Facebook langkah 3

1. Cari program affiliate atau program periklanan yang sejenis. Program affiliate memberikan sebuah link dengan ID khusus yang unik setiap member serta alat promosinya seperti banner dan sebagainya kemudian membayarkan komisi atas setiap penjualan yang terjadi. Komisi ini bisa berupa presentase dari harga produk yang terjual atau komisi tetap. Maka dari itu, carilah program affiliate dan mulai bisnis online lewat Facebook dengan menjadi affiliate. Salah satu program affiliate produk digital terpercaya di Indonesia adalah Ratakan.

  • Sebagian besar jaringan affiliate ini tidak mengenakan biaya untuk pendaftaran affiliate mereka sehingga Anda bisa memulainya tanpa perlu mengeluarkan biaya pendaftaran sebagai affiliate.
  • Mulai dengan jaringan affiliate yang terpercaya. Ratakan menawarkan program affiliate yang kompetitif jika Anda ingin memasarkan produk digital Indonesia. Jumlah komisinya pun bervariasi mulai dari 25% – 75% untuk yang berdasarkan presentase.

2. Daftar program affiliate yang menawarkan produk-produk beragam seperti produk fisik dimana Anda bisa mengikut program affiliate seperti Lazada atau BelanjaOnline.co.id

  • Selalu patuhi peraturan jaringan affiliate yang Anda ikuti untuk menghindari permasalahan komisi tidak dibayar karena melanggar aturan mereka.

3. Tentukan Akun Facebook. Buat dan tentukan akun Facebook untuk masing-masing program affiliate atau grup program affiliate yang sejenis. Ini akan lebih tertarget karena Anda membuat akun yang sesuai dengan follower dengan kesukaan yang sama dibanding menggunakan satu akun dimana berbagai macam produk yang berbeda dipromosikan.

  • Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun utama Anda untuk mempublikasikan ulang konten dari akun Anda yang lain secara berkala untuk memperkenalkannya kepada follower Anda.

4. Promosikan program affiliate. Buat status untuk masing-masing produk yang dipromosikan setiap hari. Dengan ketekunan dan akun utama yang kredibel, maka akun-akun Facebook Anda yang lain akan mulai mendapatkan follower juga. Saat follower ini tertarik atas penawaran produk affiliate Anda dan membelinya, maka Anda akan menghasilkan uang yaitu berupa komisi affiliate.

Itulah kira-kira rangkaian dari langkah-langkah dasar metode bisnis online lewat Facebook. Tentu saja Anda bisa mengembangkannya sendiri berdasarkan kreativitas Anda. 🙂

 

3 pemikiran pada “Berbagai Metode Bisnis Online Lewat facebook”

  1. Bener Mas, mulai dari Facebook langkah awal yg bagus, kami juga mulai dari juga blog kecil, lama kelamaan baru deh kmi bangun website supaya lebih tertata dan mudah chek-out buat customer.

Tinggalkan komentar