6 Cara Monetisasi Blog Yang Terbaik

Cara Monetisasi BlogCara monetisasi blog sebenarnya sangatlah luas, hal ini pun juga termasuk blog yang dimonetisasi untuk bisnis offline misalnya. Saat ini sebagai blogger, kebanyakan mindset kita selalu memonetisasi menggunakan program-program online dan itu benar adanya, namun sebenarnya blog juga tak kalah hebatnya untuk difungsikan sebagai etalase produk fisik offline Anda meskipun pasar Anda lokal bukan?

Kali ini bukan saya mau membahas masalah cara monetisasi blog secara khusus untuk produk offline, namun akan saya bahas cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memonetisasinya, khususnya jika blog Anda telah memiliki trafik yang tinggi dan stabil. Jika blog Anda tidak memiliki trafik yang tinggi dan stabil, silahkan baca postingan Cara Mendapatkan Trafik dari Facebook dan Bagaimana Mendapatkan Trafik dari optimasi SEO.

Di sini saya akan bahas srategi monetisasi blog yang akan membuat profit Anda meningkat meskipun itu hanyalah sebuah blog dengan trafik lokal. Jika Anda malah belum tahu sama sekali bagaimana memonetisasi blog, maka cara ini akan membuka cakrawala Anda sebagai blogger bisnis dan jika Anda memang sudah banyak tahu strategi ini, siapa tahu ada cara monetisasi yang belum terpikirkan oleh Anda?:)

Blogging atau bahasa gaulnya adalah ngeblog saat ini sudah sangat populer, apalagi dengan dukungan ISP internet yang semakin menjamur dengan harga kompetitif yang berimbas kepada meningkatnya pengguna internet dari waktu ke waktu dan blog adalah salah satu tujuan mereka ini selain social networking tentunya.

Blog adalah sarana terbaik kedua selain web social network seperti Facebook atau Twitter untuk berinteraksi dengan orang lain dan menjalin persahabatan dengan lainnya. Dengan Anda menulis artikel yang berkualitas dan menuliskannya di blog, maka Anda telah memberikan value pada pembaca blog Anda, selalu menghargai pendapat serta mempersilahkan mereka memberikan opininya kepada Anda, maka Anda telah membangun kredibilitas dan kepercayaan pada mereka dan tahukan Anda jika mereka telah percaya kepada Anda, maka mereka akan dengan senang hati mendengarkan tawaran-tawaran Anda seperti misalnya sebuah produk. Nah….dengan menggunakan blog, Anda bisa melakukan semua itu serta membuat pembaca blog Anda menjadi suatu komunitas, yang kemudian inilah tujuan monetisasi blog.

Lalu bagaimana jika Anda belum punya blog?

Jika belum punya blog, Anda tinggal beli domain dan hosting, install WordPress dengan menggunakan panduan dari Cafebisnis dan Panduan Seminggu Pertama Mempersiapkan Blog Anda yang ditulis oleh blogger profesional Darren Rowse.

Setelah itu, jika blog Anda sudah memiliki trafik yang stabil, silahkan terapkan strategi monetisasi blog berikut ini :

  • Menulis Review Produk Dengan Link Afiliasi Anda

Jika Anda sudah pernah menggunakan sebuah produk afiliasi sebelumnya dan memang produk tersebut mempunyai kualitas serta manfaat, jangan ragu untuk merekomendasikan kepada pembaca blog Anda. Tulis review yang terbuka tentang produk tersebut dan bagaimana produk itu memang bermanfaat untuk Anda sendiri. Sebisa mungkin buat list keunggulan bahkan mungkin kekurangannya. Disamping itu, utamakan kejujuran dalam membuat review karena jika ternyata produk itu berkualitas jelek setelah pembaca blog Anda membelinya dan Anda melakukan review sebaliknya, maka kredibilitas bisa jatuh serta pembaca akan meninggalkan blog Anda untuk selamanya.

Buat posting khusus untuk produk tersebut dan pastikan untuk menaruh link afiliasi Anda. Jika produk memang bagus dan review yang Anda lakukan juga oke, maka konversi penjualan pun pasti bagus. Semakin banyak pembaca blog Anda, penjualan pun akan mengikuti.

  • Merekomendasikan produk afiliasi dalam artikel

Cara monetisasi blog ini sudah sangat biasa dilakukan yaitu dengan menulis sebuah artikel yang topik pembahasannya relevan dengan produk tersebut, tentunya produk tersebut haruslah memiliki poin lebih yangt tidak ada dalam artikel Anda. Jika Anda jeli, hal ini pun saya lakukan pada artikel ini.:)

Ketika artikel dipublish, maka pembaca akan melihat rekomendasi ini dan jika ternyata sebenarnya mereka memang tertarik dan kebetulan sedang mencari atau membutuhkan produk tersebut, maka mereka akan berterima kasih atas informasi yang Anda berikan dan langsung membeli produk tersebut melalui link afiliasi Anda.

  • Menawarkan ruang Promosi atau iklan

Jika blog Anda memiliki komunitas yang solid dan trafik stabil, Anda bisa menyediakan space khusus untuk menjual iklan seperti banner atau halaman khusus untuk iklan produk. Ini bisa menjadi pemasukan tambahan untuk sekedar menutupi biaya operasional blog Anda seperti domain dan hosting. Blog ini pun juga menawarkan pasang iklan banner untuk promosi Anda.

  • Bangun list building di blog Anda

Ini adalah cara monetisasi blog yang paling sering dilakukan oleh internet marketer baik yang newbie maupun profesional yaitu dengan menawarkan newsletter atau produk gratis baik itu milik sendiri ataupun free giveaway untuk dibagikan kepada pengunjung blog melalui email sehingga untuk mendapatkannya, pengunjung akan memasukkan nama dan email mereka yang kemudian data nama dan email pengunjung ini akan masuk dalam list subscriber Anda yang kemudian bisa dimonetisasi dengan penawaran berkualitas. Ini saya terapkan seperti pada penawaran backlink gratis di blog ini.

Untuk menerapkan cara monetisasi blog melalui list building ini, silahkan baca postingan saya sebelumnya berikut ini:

Panduan Layanan Autoresponder Gratis
Autoresponder Berkualitas Harga Miring

  • Gunakan Blog Sebagai Etalase Produk Anda

Jika Anda memiliki produk sendiri entah itu berupa produk digital seperti ebook, video tutorial, plugin WordPress, software atau bahkan produk fisik atau jasa lainnya, maka blog Anda bisa dimanfaatkan untuk tempat penawaran dan penjualannya. Jika Anda memiliki produk software, Anda bisa menawarkan secara gratis untuk versi trialnya yang bisa diupgrade versi pro atau premium untuk versi berbayarnya. Pada srategi monetisasi ini, saya juga menerapkannya untuk produk Jasa Seo saya.

  • Gunakan Jaringan periklanan pihak ketiga

cara monetisasi blog menggunakan jaringan iklan pun sudah banyak blogger yang menerapkannya yaitu dengan cukup menempatkan sebuah kode script iklan dari pihak ketiga dimana penghitungan earning bisa melalui per impresi atau per klik. Jika Anda memiliki blog berbahasa Inggris, maka Google Adsense adalah pilihan yang bagus dan untuk blog lokal, Anda bisa menggunakan IDBlog Network (IBN) di mana saat ini mereka merupakan satu-satunya jaringan periklanan lokal yang memiliki advertiser besar dan berkualitas serta rate pembayaran yang tinggi jika dibandingkan dengan jaringan iklan lokal lainnya.

Nah…itulah beberapa strategi dan cara monetisasi blog yang pernah beberapa diantaranya saya lakukan. Jika blog Anda memang memiliki trafik dan komunitas solid, tidak ada salahnya untuk memonetisasinya bukan? dan Anda pun tidak harus selalu meningkatkan trafik hingga sampai ribuan, cukup dengan trafik yang ada pun asalkan stabil dan tertarget sesuai monetisasi Anda, maka Anda bisa meningkatkan profit dengan cara melakukan inovasi strategi monetisasi yang belum pernah ada sebelumnya.

Bagaimana dengan cara monetisasi blog Anda sendiri? apakah ada salah satu cara di atas yang ingin Anda coba? silahkan dijawab dengan berkomentar dibawah ini…:)

21 pemikiran pada “6 Cara Monetisasi Blog Yang Terbaik”

  1. Jadi tambah jelas nie, kita disuruh pilih cara seperti apa dalam memonetisasi blog yang kita kelola…
    Nice Share, mempermudah kita dalam memilih cara yang paling sesuai menurut kita pribadi..

  2. Makasih mas atas sharingnya smga bisa diterapkan di blog saya yang masih sepi pengunjung.
    Saya juga mau tanya, menurut mas handoko lebih bagus wordpress atau blogspot bagi pemula?
    Terima kasih.

Tinggalkan komentar