5 Poin Yang Perlu Diperhatikan Dalam Hal Membuat Sales Page

Cara Membuat Sales PageCara membuat sales page – Apakah Anda tahu halaman internet apa yang paling menghasilkan uang dibandingkan dengan halaman marketing lainnya?

Jawabannya: Sales Page

Ya, sales page atau kalau dalam bahasa kita disebut juga dengan halaman penjualan yaitu sebuah bagian halam dari sebuah website yang fungsi untuk menampilkan sebuah sales letter atau surat penjualan.

Halaman sales page biasanya berupa halaman iklan produk yang lazimnya memiliki konten memanjang ke bawah dengan bagian-bagian seperti headline maupun sub-headline. Kebanyakan orang tidak menyukai jika melihat halaman ini, namun faktanya ini adalah halaman paling menghasilkan uang dari sebuah website secara keseluruhan karena desain konten dan grafisnya yang sangat hard selling langsung kepada proses penjualan.

Sekarang ijinkan saya untuk berbagi 5 poin penting yang perlu Anda perhatikan pada saat membuat sebuah sales page, karena inilah letak uang Anda sesungguhnya jika berjualan online.

1. Keunikan

Otak manusia pada dasarnya diprogram untuk mengikuti sesuatu yang familiar alias tidak asing. Di sisi lain, sangat menakutkan jika menjadi berbeda dari lainnya. Karena kebanyakan orang takut menjadi berbeda. Saat mereka melihat sekeliling dan melihat semua orang melakukan hal yang sama, tebak apa yang akan mereka lakukan? mereka akan meniru orang-orang ini.

Coba saya tanya kepada Anda, apakah gambar grafis dalam sebuah sales page yang tampilannya itu keren adalah unik? jawabannya adalah TIDAK. Gambar grafis dalam sebuah sales letter itu sudah lama digunakan ketika masih sedikit yang menerapkannya dulu, namun saat ini semua menggunakannya. Dan saya bisa menjamin, pengaruhnya tidak cukup signifikan saat ini untuk mendongkrak konversi penjualan Anda.

Intinya, sales page Anda harus unik, beda dari yang lainnya. Anda perlu menggunakan jenis headline, sub-headline, font bahkan tekstur background yang berbeda dari yang sudah ada.

2. Mengundang Kenyamanan Perhatian Mata Pengunjung

Ini adalah hal penting dalam konsep psikologis. Semakin mudah halaman sales page Anda untuk dilihat, maka semakin banyak peluang untuk dibaca oleh prospek Anda hingga akhir yang kemudian bisa berakhir pada transaksi penjualan. Aturan baku dari sebuah headline adalah menggunakan desain warna merah. Ini berguna untuk menarik perhatian dari prospek yang melihat halaman tersebut.

Jika ini dibagi lagi, maka kita akan berbicara mengenai hal-hal berikut…

  • Golden Ratio: ini adalah hukum fibonacci. Saya tidak begitu paham dengan matematika, namun penting untuk memastikan rasio konten dalam sebuah sales page sangat berimbang dan tidak timpang. Contohnya, spasi antar paragraf teks.

 

  • Eye Fatique: ini adalah titik kelelahan mata seseorang jika bekerja di depan komputer. Jika Anda memberikan kenyamanan dalam sebuah sales page, maka itu akan membantu meningkatkan penjualan. Anda perlu mengatur tata letak dan struktur sales page sehingga mudah dikonsumsi oleh pembacanya, bukan asal tulis konten dengan ribuan kata atau kalimat berbentuk teks yang panjang tanpa jeda ataupun grafis karena hal ini akan membuat pembaca pusing dan menghentikan proses membacanya sebelum mereka melihat inti dari surat penjualan Anda.

 

  • Double Readership Path: Saat seseorang mengakses sales page, mereka akan melakukan 2 hal yaitu apakah mereka hanya membaca saja kemudian mencari poin pentingnya atau membaca dan mempelajarinya dengan seksama mulai dari awal hingga akhir. Usahakan untuk bisa menyentuh kedua hal tersebut dalam konten sales page Anda.

3. Tampilan Multiguna

Ya, tampilan sales page Anda harus multiguna, maksudnya disini adalah salespage Anda harus bisa dikonsumsi untuk semua tipe pengunjung jika Anda ingin mendapatkan konversi yang hebat. Tipe pengunjung ini adalah konsumen, marketplace, vendor lain, affiliate dan juga pengguna media sosial yang terkenal dingin responnya terhadap penjualan di internet. Intinya sales page harus tampil professional untuk semua tipe pengunjung tersebut.

4. Kesiapan Anda

Pada saat sedang merancang sales page, akan ada waktu dimana Anda akan merasa bosan.

Anda mungkin akan membutuhkan bantuan seseorang atau mungkin sebuah software yang mampu untuk membantu sebagian pekerjaan dalam merancang sales page yang professional dalam waktu cepat dan tentunya sealami mungkin untuk prospek Anda.

Ini alasannya, jika Anda sedang dalam mood terbaik untuk membuat sales page, apakah Anda akan melakukannya? tentu saja. Jika Anda merasa  bersemangat untuk segera bertindak dan menghasilkan uang dari penjualan produk Anda, maka Anda akan segera menghasilkan uang tersebut. Jika Anda sedang terinspirasi, maka akan mudah untuk menginspirasi orang lain untuk mendengarkan apa yang Anda katakan dan membeli produk Anda.

5. Duplikasi

Setelah Anda selesai merancang sales page, Anda harus menduplikasikannya untuk sales page di website lainnya. Contoh: dari website satu ke website lainnya atau dari pengguna satu ke pengguna lainnya. Ini biasanya tersedia dalam sebuah template dimana Anda bisa dengan cepat mengakses dan menduplikasikannya dengan mudah.

Nah itulah 5 poin penting yang perlu dijadikan pertimbangan dalam membuat sebuah sales page untuk menjual produk Anda di internet.

…dan jika Anda ingin membuat sebuah sales page saat ini juga namun masih bingung bagaimana membuat website untuk sales page ini, Anda bisa menggunakan WordPress sebagai platform untuk sales page Anda ditambah dengan sebuah theme WordPress sales page yang dirancang khusus untuk membuat website dengan gaya minisite untuk sales page Anda.

Mau mendapatkan theme sales page untuk WordPress ini? jika ya, langsung saja klik tombol berikut ini…

[vc_button title=”Klik Di Sini Untuk Mendapatkan Theme WordPress Untuk Membuat Sales Page” target=”_blank” color=”default” size=”size_large2″ href=”https://handokotantra.com/go/mm”]

 

Satu pemikiran pada “5 Poin Yang Perlu Diperhatikan Dalam Hal Membuat Sales Page”

Tinggalkan komentar