3 Kesalahan Dasar Yang Menghancurkan Sebuah Blog

3 Kesalahan dasar ngeblogPernah tidak sih Anda berpikir hal – hal kecil yang merupakan sebuah kesalahan paling dasar dan paling sering kita lakukan yang bisa membuat trafik blog semakin lama bukan semakin meningkat namun semakin menurun?

Menurut saya ada 3 kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang blogger termasuk saya juga pun pernah melakukannya. 🙂

Namun yang terpenting adalah bagaimana kita menghindari dan atau memperbaikinya jika kita sudah pernah melakukannya karena aktifitas ngeblog itu bukan sekedar menuliskan curhatan isi hati maupun pikiran, namun saat ini adalah sebuah faktor Utama yang mendukung Anda dalam sukses berbisnis online.

Mengapa?

Karena dengan blog, Anda bisa melakukan apapun yang bermanfaat untuk melancarkan proses bisnis online Anda seperti sebagai media branding, marketing, pembentukan komunitas atau penawaran produk serta jasa tanpa Anda harus repot dengan masalah coding HTML maupun PHP layaknya website statis. Dengan sebuah blog, segala urusan bisnis online bisa menjadi lancar dan ini fenomena yang saat ini terjadi baik lokal maupun di luaran sana.

Blog sangat interaktif dimana Anda bisa menyuarakan pendapat dan pengunjung pun bisa mengomentari pendapat Anda. Namun bukan berarti sebuah blog harus selalu penuh dengan komentar untuk bisa dibilang berkualitas. Kontenlah yang tetap nomor satu dimata pengunjung.

Dan berikut ini adalah kesalahan yang menurut saya bisa menghancurkan trafik blog Anda berdasarkan pengalaman saya sendiri :

  • Tidak Menghargai Blogger Lain Melalui Konten Anda

Ini biasanya terjadi jika Anda menulis sebuah konten yang menyudutkan seorang blogger secara mentah – mentah tanpa ada pertimbangan yang bijaksana serta alasan yang cukup kuat dan masuk akal. Efeknya adalah pembaca Anda akan berbalik menyerang Anda jika tidak ada alasan yang cukup kuat mengapa Anda menulis konten tersebut. Pembaca sekarang sudah pada jeli dan pintar untuk menganalisa suatu konten sebuah blog.

Jadi selama masalah itu tidak terlalu penting, tidak perlu Anda tulis dalam blog.

  • Memproritaskan Desain Blog Yang Berlebihan

Desain blog menurut saya merupakan salah satu faktor pemikat pengunjung, namun bukanlah satu – satunya karena konten Anda lah yang paling Utama dan bermanfaat bagi pembaca. Lakukan pengembangan serta perbaikan desain blog secara perlahan tanpa berlebihan karena hal Utama yang dibutuhkan dan dicari oleh pengunjung adalah konten Anda.

  • Terlalu cuek dengan blog dan Pengunjung

Hal yang terakhir ini merupakan kesalahan yang menurut saya paling fatal karena akan membuat pengunjung blog Anda merasa tidak diperdulikan terutama dalam hal diskusi melalui form komentar. Usahakan selalu membalas setiap ada pertanyaan yang memang perlu Anda beri jawaban, jika hanya sebuah opini maupun pendapat selama Anda setuju ya tidak masalah jika Anda tidak memberikan respon. Namun akan lebih baik jika Anda memberikan respon pada semua komentar khususnya yang benar – benar berbobot.

Rutinitas posting artikel pun juga seharusnya Anda usahakan teratur dan rutin meskipun itu tidak harus setiap hari atau setiap beberapa jam. Menurut saya, lebih baik Anda posting dua kali seminggu secara rutin dari pada Anda posting setiap hari kemudian menjadi seminggu sekali lalu sebulan sekali…ini namanya tidak teratur…he..he… seperti makan pun kita haus teratur pada waktunya…kalau tidak teratur tahu sendiri kan akibatnya? 😀 Ngeblog pun harus teratur, namun tentu disesuaikan dengan waktu Anda.

Google pun mencintai blog yang rutin dalam mengupdate artikel karena Google haus akan konten lho…jadi semakin banyak dan teratur posting artikel, maka blog Anda akan dicintai oleh Google dan efeknya pun dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan…bisa jadi blog Anda mendapat prioritas dari Google untuk mendapatkan posisi yang terbaik dan happy endingnya, trafik pun akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Poin pentingnya adalah hindari semua hal – hal tersebut di atas, maka kesuksesan Anda dalam blogging sudah ada di depan mata. Tinggal bagaimana Anda menjemput kesuksesan tersebut sebagai bagian dari efek blogging terhadap motivasi diri Anda.

So….bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Apakah Anda termasuk yang pernah melakukan salah satu dari ketiga kesalahan dasar di atas atau bahkan semuanya?

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

16 pemikiran pada “3 Kesalahan Dasar Yang Menghancurkan Sebuah Blog”

  1. jalin hubungan baik sesama bloger…..
    tanam yg baik maka yang tumbuh juga yagn baik, begitulah silaturahmi…

    Untuk point pertama saya setuju bgt.

    untuk apa sibuk menilai blog si a beginilah, begitulah…sedangkan blog sendiri aja belum sempurna…ya g mas,,

  2. Saya pernah melakukan semua poin di atas mas. Memang seharusnya dihindarin tuh. Saya pernah mengkritik suatu blog, namun tidak secara terang-terangan sih. Tapi tetap aja pembaca menilai kurang halus. Itu jadi pelajaran buat saya agar tidak menulis sesuatu yang berpotensi negatif.

    Masalah desain, sekarang saya lagi mengupayakan tampilan baru. Itu saya lakukan untuk mencoba sesuatu yang baru aja, biar tambah semangat ngeblognya.

    Thx buat ulasannya yang padat berisi dan inspiratif :cendol

  3. makasih bang atas sarannya, dari ketiga kesalahan diatas yang abang jabarkan kesalahan yang kedua tela saya perbuat. Saya hanya sibuk mendesain Blog tanpa mempedulikan konten dari blog saya.
    sekali lagi makasih bang Tantra. mudah-mudahan saya tidak mengulangi lagi kesalahan itu. Makhlum saya baru mengenal bloging belum cukup setahun tepatnya tanggal 15 januari 2010. OK GREAT FOR YOU.
    …..>>coba abang tengok blog saya dan mohon sarannya, kutunggu lho<<…..

Tinggalkan komentar