Apa Itu Bisnis MLM atau Multi Level Marketing?

25 385

Bisnis MLM

Sekarang ini sangat banyak model usaha yang dijalankan oleh masyarakat pada umumnya atau entrepreneur pebisnis pada khususnya. Mereka senantiasa mencari kiat dan strategi baru untuk memuluskan usahanya, anda pasti tidak asing lagi dengan Multi Level Marketing atau yang lebih dikenal dengan singkatan MLM. Model usaha MLM ini cukup menarik perhatian masyarakat, karena MLM juga terbukti mampu membantu meningkatkan perekonomian sebagian beberapa orang yang menekuninya. Sesungguhnya apa sih multi level marketing itu ? menurut Wikipedia, Multi level marketing adalah sistem penjualan berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini lebih mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan perusahaan. Seorang anggota yang dapat memimpin timnya dalam memasarkan produk perusahaan akan diberikan komisi atau bonus sesuai dengan sistem yang berlaku di masing-masing perusahaan MLM. ini biasa disebut dengan upline ( Leader) untuk posisi di atas dan downline untuk posisi anggota dibawahnya. Sistem penjualan ini sekarang banyak diaplikasikan pada banyak jenis produk, contohnya obat obatan, kosmetik, pelumas mesin, pulsa dan lain-lainnya. Di dalam sistem MLM, downline diharuskan untuk berupaya membangun downline-downline selanjutnya untuk memperluas jaringan MLM yang mereka jalani.

Didalam usaha ini sudah pasti seluruh orang bisa memulainya asalkan ada kemauan dan kerja keras, dikarenakan bisnis MLM ini untuk memulainya biasanya tidak memerlukan modal yang cukup besar, tetapi model usaha ini kita barangkali cuma mengeluarkan sedikit modal yang biasanya adalah biaya pendaftaran untuk bergabung dalam anggota jaringan pemasaran MLM tersebut.

Di bawah ini saya berikan sedikit tips dalam memilih bisnis MLM yang baik, sehingga Anda bisa terhindar dari orang-orang atau bisnis MLM yang tidak bertanggung jawab:

  • Pilih MLM yang fokus pada produk sejenis namun memiliki varian produk yaitu semisal bisnis MLM yang berfokus pada kosmetik namun memiliki varian produk kosmetik untuk kulit, wajah, bagian intim, untuk wanita maupun pria agar Anda lebih mudah memasarkan produk serta mengembangkan bisnis MLM ini.
  • Pastikan produk MLM tersebut adalah produk yang berkualitas, paten dan memiliki kredibilitas tinggi di mata konsumen serta sudah dipercaya sejak lama oleh konsumen dan yang terpenting adalah produknya selalu dibutuhkan oleh konsumen secara terus menerus seperti kosmetik atau obat-obatan.
  • Pilih perusahaan MLM yang cukup bonafid yaitu yang memiliki distributor-distributor sukses yang bisa dipertanggung jawabkan serta perusahaan tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Apakah anda tertarik untuk menjalankan  bisnis MLM ? Sebelum memulainya, pastikan anda ikuti tips yang sudah yang sudah saya jelaskan di atas untuk memastikan supaya Anda tidak terjebak atau tertipu oleh perusahaan-perusahaan MLM abal-abal yang tidak bertanggung jawab serta sudah pasti bisa merugikan anda. Anda tidak perlu khawatir untuk mengawali bisnis ini karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, serta banyak pilihan bisnis MLM yang bisa anda pilih sekarang ini di Indonesia. Ingat berhati-hatilah dalam memilih model perusahaan MLM yang ingin anda ikuti dan jalankan karena terus terang tidak semuanya perusahaan MLM itu berkualitas. :)

Blog Bisnis Online ditujukan untuk membantu para blogger dan internet marketer pemula bagaimana menjadi sukses dan bagaimana mereka bisa menghasilkan sesuatu yang hebat dan bermanfaat. Di blog ini, Tujuan saya adalah untuk memberikan artikel sederhana yang berkualitas untuk memahami suatu cara yang tidak akan membuat Anda bingung bagaimana menjadi blogger yang lebih baik.

25 KOMENTAR

  1. Yang jelas, bisnis MLM itu harus…
    - Sudah terdaftar di APLI
    - Terbukti BUKAN Money Game (bisnis ilegal berkedok MLM)
    - Produknya AMAN & LEGAL, syukur-syukur direkomendasikan oleh pakar yang kompeten, bukan pakar abal-abal
    - MARKETING PLAN teruji LEGAL tidak merugikan distributor & perusahaan

    Apa lagi ya? ada yang mau nambahin?

  2. Ijin sharing artikel ini di facebook ya , maklum saya pelaku bisnis mlm .. hehehe
    Saya ga lihat fasilitas sharing ke facebook, jadi ijinnya disini aja ya. .

  3. Bisnis MLM terbukti sangat prospektif utk dikembangkan, apalagi jika dijalankan secara online. MLM Online mirip dengan afiliate marketing, kita hanya promosi link affiliate/web replika kita.
    Bedanya adalah kalau MLM Online memiliki banyak tier/level sedangkan affiliate marketing biasanya hanya 1 atau 2 tier.
    Kelebihan MLM Online yang lain adalah Closed Door Affiliate, karena tidak semua orang bisa bergabung, harus ada yang merekomendasikan/mensponsori. Beda dengan affiliate marketing yang persaingannya lebih ketat karena semua orang bisa bergabung.
    Jika di affiliate marketing kita biasanya hanya untung 1 kali, maka di MLM Online kita bisa untung berkali-kali karena memungkinkan adanya Recurring/Repeat Order pembelian produk.

    Semoga Bermanfaat

  4. tidak ada yang salah dengan bisnis mlm, yang sekarang sangat disayangkan adalah money games mengaku mlm, namun ada banyak juga mlm murni yang memang layak di ikuti, salam.

  5. Makasih tipsnya. Mmg hrs selektif utk milih bisnis MLM. Kita juga hrs bs bedakan antara MLM murni dgn money game berkedok MLM. Salah satu bedanya adlh dari uang pendftran.
    Kalo di MLM murni, uang pndaftaran dikembalikan dlm btk fasilitas utk memulai bisnis misalnya starter kit (katalog, brosur, buku panduan, kartu member, dsb). Ada jg yg ksh tmbhn fasilitas online (misalnya web replika, autoresponder)
    Sdgkan di money game, uang pndaftaran member baru digunakan utk byr komisi/bonus pada member lama.

  6. Pada dasarnya semua bisnis memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Khusus mlm sebenarnya banyak juga yang sudah terbukti membuat pelakunya memperoleh penghasilan yang lumayan, tapi sayang karena imagenya di negeri ini sudah buruk karena kecurangan dan keserakahan beberapa gelintir orang.

  7. Setujuuuu dan yang pasti pilih perusahaan yang sistemnya jelas dan transparan, dan yang memungkinkan member yg bergabung belakangan mempunyai peluang yg sama dengan member yg bergabung belakangan…

  8. Setujuuuu dan yang pasti pilih perusahaan yang sistemnya jelas dan transparan, dan yang memungkinkan member yg bergabung belakangan mempunyai peluang yg sama dengan member yg bergabung duluan

  9. Dari gambar yg ditampilkan, itu schema binary…. mohon maaf, kemurnian mlm akan sangat jelas terlihat dari schema-nya. @Nancy: schema binary / pyramid tdk memungkinkan orang yg belkangan bisa sama dgn yg lebih dulu….

  10. Menurut sy acuan dalam memilih MLM adalah :
    - Memiliki SIUPL (Surat Ijin Penjualan Langsung)
    - Memiliki Marketing Plan yang bagus
    - Memiliki Produk yang bagus dan terdaftar DINKES/BPOM/MUI dlsb
    - Memiliki Support System
    - MOMENTUM

    Dengan memiliki SIUPL sdh pasti terdaftar sebagai perusahaan yang legal dalam wilayah Pemerintahan RI dan lolos dari sistem yg merugikan member/sistem moneygame. Kalo APLI hanya bentuk ASOSIASI perusahaan MLM saja tidak mengikat dan banyak perusahaan-perusahaan MLM yang bagus-bagus tidak masuk ASOSIASI (APLI) karena kemungkinan mereka kecewa dengan kiprah APLI yang tidak ada kontribusinya selama ini kepada anggotanya.

    Marketing Plan yang bagus akan memudahkan setiap distributor untuk meraih peringkat/prestasi/bonus yang di inginkan, MLM modern sa;at ini sudah menganut sistem 2 kaki krn menurut penelitian di Amerika bahwa se’orang NETWORKER rata2 hanya mampu membangun 2,6 jalur distribusi saja, jadi tidak sampai 3. jika masih aja ada sistem MLM yg menganut banyak kaki atau lebih dari 2 kaki maka sudah pasti akan lebih sulit menjalankanya.

    Dengan memiliki produk yang bagus dan terdaftar akan mudah dan terjamin para distributor untuk memasarkan produk-produknya, lebih baik lagi kalo produknya banyak/multi produk akan lebih memudahkan pilihan untuk masuk ke semua segmen market.

    Dengan memiliki Support System akan memudahkan para distributor belajar tentang marketing plan, produk knowledge, kiat-kiat bisnis dlsb. yang disedikan oleh perusahaan (tool bisnis/pelatihan dlsb).

    MOMENTUM, semua bisnis jika dijalankan/masuk pada waktu dan sa’at yang tepat akan lebih mudah dan lebih besar peluang untuk suksesnya (tidak ketinggalan momentum) coba bandingkan jk kita masuk pada bisnis atau MLM yang sdh sekian puluh tahun berjalan, maka agak sulit utk bisa sukses, paling-paling hanya akan menjadi penggembira saja atau hanya sebagai konsumen produknya saja.

  11. jika serius bisnis mlm akan menghasilkan pasive income yg terus mengalir seperti air…salam mlmer sejati…go freedom with ml…m
    dibisnis ini yg tadinya ga mungkin dipikiran kita…setelah sukses semua menjadi mungkin…
    hidup itu paling enak adalah pas-pas an…pas pengen beli ini ya dibeli…pgn itu dibeli…he2

  12. menurut ane, mlm itu adalah sebuah bisnis yang sangat canggih, bayangkan saja dengan modal yang begitu kecil dan dikerjakan serius bisa menghsilkan hasil yang luar biasa bahkan bisa mencapai titik yang paling diharapkan setiap orang yaitu Financial Freedom

  13. MLM itu sebenarnya punya prosepek bisnis yang bagus bagi setiap orang. Cuma, beberapa orang membuat bisnis MLM jadi seperti scam, katanya bisa cepat kayalah, trus bahasa marketing yang berlebihan lah. Namun, tidak semua orang bisa berhasil di bisnis ini karena memang butuh kerja keras juga, jadi gak ada yang namanya cepat kaya. Kalau mau kaya ya kerja keras :)

  14. Setuju dengan banyaknya komentar dari rekan-rekan tentang MLM. Adalah bisnis yang memang menjanjikan hasil prestisius. Tapi untuk sampai pada presatasi itu membutuhkan ketekunan dan keuletan untuk memiliki team yang solid, bersinergi, saling mendukung sehingga bisa memberikan hasil timbal balik antara sponsor dan afiliasi. Ada juga bisnis MLM yang bisa dimuali dengan dan mendapatkan dukungan penuh dari teamnya dan kesemuanya membutuhkan proses dan kerja keras untuk sukses. Salam .

  15. Pembahasan yang menarik sekali mengenai MLM yang diberikan mas handoko, sebenarnya MLM itu merupakan sistem atau cara berbisnis yang baik dimana Sistem MLM dijalankan dengan mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan perusahaan. Saat ini kebanyakan bisnis MLM sekarang ini dijalankan tidak sesuai dengan aturan dan tujuan dari sistem MLM itu sendiri sehingga image dari MLM menjadi “Jelek” atau “Rusak” dikarena dijalankan tidak benar dan tidak berpedoman pada sistem MLM itu sendiri termasuk saya sendiri dulu juga begitu. Menurut saya pribadi, ada beberapa hal yang pelu diperhatikan dalam mengikuti Bisnis MLM ini:
    Dari sisi perusahan:
    1. Terdaftar Resmi di APLI & Memiliki SIUPL (Surat Ijin Penjualan Langsung)
    2. Memiliki Produk UNIK dan LANGKA (terdaftar RESMI di Badan POM/DEPKES/MUI, DLL)
    3. Bukan bisnis “money game” berkedok mlm/ arisan berantai/ investasi ilegal yang memberi janji muluk tanpa berusaha & bekerja.
    4. Manajemen Perusahaan tersebut Komitmen pada sistem dan aturan yang ada dibuat
    5. Marketing Plan yang JELAS & BAIK serta Support Yang Baik

    Dari sisi Member:
    1. Miliki Teamwork yang Baik (disini kebersamaan bisa terlihat)
    2. Memiliki team leader yang mau share dan berbagi dengan downline untuk kebersamaan dalam mencapai tujuan (Ingat sistem MLM itu sendiri)
    3.Bisa saling share antara member yang mana bertujuan untuk saling mensupport satu dengan yang lain.

    Semoga informasi ini dapat menambah informasi bagi teman2 yang ingin mencoba berbisnis MLM.
    salam,

Berikan Komentar