Algoritma Google Terbaru Berdasarkan Kecepatan Loading

9 110

Google CaffeineBeberapa waktu yang lalu seiring dengan adanya algoritma terbaru dari pencarian Google yang mungkin Anda sudah banyak dengar yaitu Google Caffeine. Metode perangkingan terbaru ini akan lebih mengutamakan kecepatan loading suatu website sebagai hal Utama yang menjadi patokan untuk algoritma Google Caffeine ini.

Tentu hal kecepatan loading ini menurut saya memang sudah sepantasnya dijadikan salah patokan Utama faktor perangkingan website karena secara langsung juga akan memberikan kenyaman pengunjung dalam mengakses sebuah website ataupun blog. Website dengan loading yang lambat tentu akan membuat jenuh pengunjung terutama karena kebanyakan pengguna internet tidak sabar untuk menunggu.

Untuk mengecek berapa waktu kecepatan loading ini, Anda bisa mengacu kepada penjelasan resmi dari Google. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap performance website Anda melalu Google Webmaster Tools di bagian site performance. Tentu website Anda sudah harus mendaftarkan websitenya dulu sebelum menggunakannya.

Adapun cara – cara untuk mengoptimalisasi kecepatan sebuah website, Anda bisa mencoba tips berikut ini :

  • Mengoptimasi CSS dan Javascript dalam website Anda. Untuk website bisa menggunakan teknologi CSS Sprites yaitu mengubah kumpulan beberapa gambar menjadi satu sehingga akses secara bersamaan bisa diminimalisir yang mampu membuat loading semakin cepat. Untuk pengguna blog bisa menggunakan plugin seperti autoptimize untuk mengkompres CSS dan Javascript.
  • Menerapkan sistem cache, sehingga halaman Anda akan disimpan di browser dan tidak memberatkan load server hosting. Untuk pengguna blog WordPress.org bisa menggunakan plugin WP-Super Cache yang bisa di search melalui admin blog Anda .
  • Mengurangi penggunaan gambar pada website atau mengkompres gambar terlebih dahulu. Banyak tools online yang gratis untuk mengkompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Untuk pengguna blog bisa memanfaatkan plugin Smush It.
  • Kualitas web hosting yang handal juga berpengaruh terhadap performance loading website Anda. Biasanya tergantung dari system operasi dan perangkat yang digunakan web hosting tersebut. Semakin berkualitas hosting yang Anda gunakan, maka semakin ringan akses website Anda. Rekomendasi saya untuk web hosting handal adalah Hostgator dengan diskon satu bulan gratis pada saat berlangganan. Anda bisa dapatkan kuponnya di sini.

Jadi bagaimana dengan website atau blog Anda? Apakah lemot atau sudah mumpuni untuk mengikuti standar terbaru Google Caffeine?

Kalau ragu dengan kecepatan website Anda, silakan cek menggunakan tools yang diberikan oleh Google melalui blog resminya yah….jangan tes sendiri pakai koneksi internet karena bisa jadi koneksi internet Anda yang lemot. :)

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Blog Bisnis Online ditujukan untuk membantu para blogger dan internet marketer pemula bagaimana menjadi sukses dan bagaimana mereka bisa menghasilkan sesuatu yang hebat dan bermanfaat. Di blog ini, Tujuan saya adalah untuk memberikan artikel sederhana yang berkualitas untuk memahami suatu cara yang tidak akan membuat Anda bingung bagaimana menjadi blogger yang lebih baik.

9 KOMENTAR

  1. Waah saya belum ngecek ni…jangan-jangan lemooot banget ni loadingnya…terima kasih mas infonya..bermanfaat banget buat saya yang pemula ini….semangat…dan sebagai sarana silaturahim, saya sudah pasang link blog ini di blogroll “sahabat-sahabat terbaikku” di sidebar kiri blog saya…tukeran link ya,untuk persahabatan…semangat selalu

  2. Hmm, kalau begitu tergantung server juga ya… Kalau server IIX sudah pasti kalah jika diload dari amrik. Dalam hal ini, saya rasa pengguna IIX kurang diuntungkan.

  3. hm.. betul sekali informasi di atas saya dapat saat akhir desember 2009 dan resmi di gunakan awal tahun 2010. blog yang cepat akan semakin bagus posisinya di mesin pencari. iseng buat blog hxxp://patimeh.blogspot.com sebagai percobaan. jarang di update. cuma 1 x duank iseng tuker link udah itu ga perah-pernah lagi. eh ga di sangka pas pagerank update. telurnya pecah jadi satu. dengan hasil penelitian itu. saya yakin dengan alogaritma google ini benar-benar berubah tidak terlalu berpaku pada backlink saja tetapi juga yang menjadi perhatian utamanya adalah kecepatan load sebuah situs atau blog.
    semoga pengalaman ini membantu sobat-sobat blog yang suka aneh-aneh pasang pernak-pernik yang berlebihan.
    post by kang salman

Berikan Komentar