5 Tips Praktis Agar Sukses Jualan Online

35 518

Jualan online

Ini adalah tulisan dari blogger tamu dari Hendra. Jika Anda ingin menjadi blogger tamu, silahkan Submit Artikel sesuai dengan syarat dan ketentuan“.

Beberapa waktu lalu, seorang teman berkata kepada saya bahwa dia akan resign dari tempatnya bekerja dalam waktu dekat. Ketika saya tanyakan alasannya, dia mengatakan bahwa dia ingin memulai bisnis sendiri. Kemudian saya tanyakan lebih lanjut, bisnis apa yang ingin dia lakukan, dia menjawab: “saya ingin jualan baju secara online”.

Ya, betul. Internet sedang trend dan booming.

Salah satu efek lanjutannya adalah semakin banyak orang yang ingin “kecipratan” profit melalui berjualan secara online dengan menggunakan toko online, mulai dari jualan baju, fashion, asesoris, dan sebagainya.

Bahkan, tidak hanya individu, kini mulai banyak perusahaan-perusahaan yang mulai memanfaatkan internet sebagai salah satu channel pemasarannya dalam menjual produk-produknya. Saya pernah menemukan sebuah perusahaan distributor yang menggunakan blog dalam memasarkan produk-produk alat pemadam api dan kamera CCTV.

Nah, berikut adalah 5 tips dari saya bagaimana agar sukses jualan secara online, baik untuk individu ataupun corporate:

1.    Pastikan Bahwa Produk/ Jasa Anda Memang Dicari via Online

Sebagai contoh, jika Anda menjual beras, mi instan, minyak goreng, sabun, dan produk-produk consumer goods lainnya secara online, kemungkinan besar Anda tidak akan sukses.

Mengapa?

Karena customer behavior-nya belum sampai ke arah sana. Untuk mendapatkan barang-barang tersebut kita tidak mencarinya via internet. Kita langsung pergi ke supermarket atau pasar terdekat.

Lain ceritanya kalau (misal) Anda menjual produk-produk fashion dan asesoris, karena jenis produk tersebut memang banyak dicari via internet.

2.    Lakukan SEO Agar Website Toko Online Anda Muncul di Page 1 Google

Untuk mendatangkan calon pembeli potensial ke toko online Anda, maka SEO (Search Engine Optimization) sangat vital. SEO adalah cara agar website Anda bisa muncul di halaman 1 Search Engine (seperti Google) ketika ada yang mencari produk atau jasa Anda.

3.    Buat Tampilan Toko Online yang Easy-to-Use dan Informative

Setelah berhasil mendatangkan visitor ke toko online Anda, pastikan mereka tidak “ilfil” terhadap website Anda. Dan yang lebih penting, buat tampilan website yang bisa menjual.

Untuk toko online, pastikan website Anda memiliki tampilan yang mudah dipahami, tidak ribet, dan clear. Pastikan visitor mudah melakukan navigasi ketika hendak mencari produk tertentu sehingga menciptakan shopping experience yang positif.

Tampilkan juga informasi-informasi penting yang memang dibutuhkan oleh visitor, seperti harga, deskripsi produk, dan nomor telepon yang mudah dihubungi, alamat email, Chat Messengger, dan sebagainya.

4.    Promosi di Forum, Online Direktori, Iklan Baris, Social Media, dll.

Namanya jualan, tentu perlu yang namanya promosi. Nah, di internet juga tersedia beberapa channel promosi yang bisa Anda manfaatkan. Berita baiknya lagi, sebagian besar diantaranya gratis dan low-budget, tetapi efektif.

Berikut adalah tiga jenis website yang high traffic dimana Anda bisa mempromosikan produk atau toko online Anda:

  • Forum (melalui thread jual beli)
  • Iklan baris
  • Social media seperti Facebook dan Twitter

5.    Jangan Lupakan Aturan Dasar dalam Marketing dan Bisnis

Aturan berbisnis di dunia online tidak jauh berbeda dengan berbisnis di dunia offline. Jangan lupakan hal-hal basic seperti menyediakan produk yang berkualitas, diferensiasi produk, layanan yang ramah dan responsif, delivery produk yang cepat, jujur dan bisa dipercaya, dan sebagainya.

Karena, sehebat apapun strategi promosi dan marketing Anda, semua itu akan percuma kalau Anda melupakan hal-hal basic tersebut.

Selamat berbisnis!

35 KOMENTAR

    • Menurut saya, kl untuk dropshipping ada 2 hal yang paling utama:

      1. Buat sebuah halaman di website yang menjelaskan apa itu dropshipping, aturan main yang jelas, hak dan kewajiban Anda sebagai penjual, dll.

      2. Kepercayaan. Jika Anda menerima dropship, maka jangan sampai Anda melanggar aturan dropship yang telah Anda buat sendiri. Sekali dilanggar, nanti pelanggan kecewa dan tentunya bisa jadi mereka tidak akan membeli dari kita lagi. :)

      Trims

  1. kebetulan saya juga jualan online baju anak branded, alhamdulillah omzet dari hari ke hari makin naik, memang segala sesuatu butuh kesabaran, berbicara mengenai drop ship, di satu sisi dropship sangat menguntungkan bagi reseller, krn pihak reseller tdk harus memiliki barang dagangan, hanya bermodal foto saja, cuman bagi yang punya barang terkdang sedikit repot karena permintaan reseller yg sering berubah ubah tergantung permintaan end user.
    Memang segala sesuatunya tidak ada yang gampang walaupun jualan online tetap memerlukan kesabaran dan ketekunan
    salam

  2. Betul sekali. Bisnis di internet sepertinya gampang. Nah karena ada “image” gampang inilah banyak hal yang dilupakan seperti yang anda uraikan di tulisan ini.

    Terima kasih telah berbagi. Sukses

  3. Tiap tahun tamatan SMA dan unversitas semakin meningkat tapi sayangnya tidak dibarengi dengan lapangan pekerjaan.mudah-mudahan bisnis online bisa menjadi salah satu cara mengatasi pengangguran.saya sangat salut dengan orang-orang yang berani berbisnis dengan meninggalkan pekerjaan utamanya.

  4. Sudah 1 bulan ini saya sdg mencoba mngembangkan toko online grosir boneka saya. Web ini sebelumnya terbengkalai, tapi setelah melakukan beberapa tips yg ternyata ada di artikel ini, penjualan mulai bwedatangan dari berbagai kota di Indonesa.
    Terima kasih atas tipsnya

  5. ada lagi yg perlu dijaga betul dalam jualan online….kepercayaan pembeli….kita sudah dipercaya, mereka percaya produknya, percaya penjualnya, mereka dah transfer uangnya…..jika mereka dikecewakan….akan jadi bumerang buat jualan kita.

  6. selama ini saya hanya mengandalkan logwalking untuk promosi toko online saya, ternyata banyak juga untuk mulai mempromosikannya… makasih untuk infonya mas

Berikan Komentar