Memilih Autoresponder Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Memilih Layanan autoresponderAutoresponder merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengirim email baik itu berkala (drip system) atau broadcast (ngeblast) kepada subsrciber. Dalam pengoperasiannya, software ini ada yang memberikan pelayanan berbayar dan ada juga yang gratis. Pelayanan yang berbayar dengan yang gratis jelas beda kualitas dan fasilitasnya. Jadi autoresponder yang saya rekomendasikan sebenarnya bukan yang gratis karena jika anda menggunakan yang gratis bisa saja email yang anda kirim melalui software ini tidak sampai pada penerimanya. Penggunaan fasilitas yang berbayar menjadi jaminan bahwa email anda sampai ke tujuan yaitu inbox si penerima, bukan folder SPAM atau bahkan tidak pernah terkirimkan.

Autoresponder yang berbayar antara lain Aweber, Getresponse, Contact Constant, iContact dan MailChimp (untuk ini tidak disarankan untuk materi make money online). Sebagai rekomendasi, anda bisa menjadikan Aweber atau Getresponse sebagai pilihan utama. Dua autoresponder tersebut merupakan yang terbaik saat ini. Anda bisa menggunakan keduanya dalam berbisnis di internet atau internet marketing karena dijamin lancar dalam pengoperasiannya. Aweber termasuk perangkat lunak terlama yang bergerak dalam spesialisasi di bidang penyedia jasa autoresponder. Dianggap sebagai yang terbaik oleh internet marketer, Aweber memang mempunyai pendukung dan interface yang bersahabat bagi para penggunanya tapi kalau melihat yang sekarang ini yaitu Getresponse, saya pribadi lebih cenderung merekomendasikan getresponse. 🙂

Sesuai dengan namanya, Getresponse memang menawarkan fasilitas kecepatan untuk proses pengiriman email anda. Getresponse juga merupakan autoresponder seangkatan dan sekelas dengan Aweber. Jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Walaupun secara kepemilikan tracking dan alat analisis Aweber lebih baik, namun Getresponse memiliki keunggulan dalam kepemilikan fitur survei dan biayanya lebih murah daripada Aweber. Jika anda mempertimbangkan besar kecilnya tarif layanan karena anda akan menjalankan bisnis internet dengan keuntungan yang terbatas, lebih baik anda menggunakan software yang lokal yang terjangkau seperti Mulxim atau ProfitSender.

Dalam menggunakan autoresponder, anda juga harus mempertimbangkan biaya karena umumnya layanan autoresponder berbayar mengenakan biaya bulanan yang tetap sementara jika Anda dari autoresponder itu tidak mampu memanfaatkan secara efektif untuk menghasilkan profit….ya rugi sementara tagihan tetap terus berjalan setiap bulannya. Oleh karenanya, anda tidak saya larang untuk menggunakan software yang memasang tarif layanan yang murah. Hanya saja kualitas layanannya jelas berbeda dengan yang bertarif mahal seperti Aweber atau Getresponse. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda karena penggunaan fasilitas autoresponder hampir semuanya untuk berbisnis melalui internet. Subscriber atau pelanggan lebih menyukai penggunaan fasilitas ini karena mereka akan mendapatkan pemberitahuan atau promosi dari pemasar secara otomatis. Jadi pelanggan tidak perlu susah payah mencari barang atau jasa yang mereka butuhkan karena semua sudah terhubung langsung ke emailnya.

Tujuan utama dari autoresponder adalah untuk mengumpulkan email dari banyak orang secara praktis dan untuk berhubungan dengan pelanggan menggunakan cara mengirim email atau newsletter kepada mereka. Sehingga, bagi anda yang menjalankan bisnis melalui internet, software ini sangat penting selain dapat menghemat waktu dan tenaga, efektivitasnya tidak diragukan lagi. Email marketing sangat diminati oleh para pebisnis saat ini karena sudah menjadi sarana yang penting untuk berpromosi, berhubungan dengan pelanggan, memberitahukan hal yang penting dan masih banyak lagi dalam hal menjalin relationship dengan prospek maupun pelanggan Anda.

Ok, supaya tidak mengambang di artikel ini saja dan supaya lebih jelas serta mendalam, silahkan cek video yang berisi poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika Anda akan memilih sebuah autoresponder berikut ini:

Jika menilik dari kebutuhan dan penghematan, anda bisa memilih Listwire. Autoresponder ini memang tidak berbayar alias gratis. Namun layanan yang diberikan sekelas software yang profesional seperti Aweber atau Getresponse. Fasilitas yang diberikan juga hampir sama dengan kedua software raksasa tersebut. Keunggulan lain dari Listwire adalah terhubungnya software ini dengan Twitter. Pada saat anda mulai membuat list, maka akan langsung muncul halaman Twitter di tampilan Listwire anda. Jadi Listwire sangat cocok menjadi alternatif bagi anda.

3 pemikiran pada “Memilih Autoresponder Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Tinggalkan komentar