Jenis – Jenis Program Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Program AfiliasiProgram Afiliasi adalah suatu program yang menyediakan komisi atau imbalan kepada kita jika berhasil mereferensikan seseorang yang kemudian seseorang tersebut melakukan sesuatu yang akan memberikan keuntungan untuk produk dari penyelenggara program afiliasi tersebut.

Bisnis di internet yang paling mudah dijalankan oleh pemula adalah program afiliasi, karena tidak memerlukan produk, pengelolaan dan pelayanan pelanggan.

Affiliater atau seseorang yang menjadi pemasar dari produk atau jasa dari sebuah program afiliasi hanya perlu melakukan kegiatan mempromosikan produk atau jasa tersebut dan akan mendapatkan komisi apabila berhasil mendapatkan pembeli atau prospek.

Nah…sebelum Anda memulai memilih program afiliasi dan menjalankannya, ada baiknya pelajari jenis – jenis program afiliasi dan mekanisme kerjanya berikut ini.

  • PPS (Pay Per Sale). Anda akan mendapatkan komisi tertentu ( biasanya sekitar 30% – 70% ) bila berhasil melakukan penjualan produk atau jasa.
  • PPL (Pay Per Lead). Anda mendapatkan komisi bila orang yang Anda referensikan mendaftar menjadi “free member” pemilik program Afiliasi dan bila nantinya free member tersebut menjadi “premium member” atau membeli produk pemilik program Afiliasi, maka Anda akan mendapatkan tambahan komisi lagi. Tetapi ada juga program affiliate PPL (pay per lead) yang hanya sebatas mereferensikan pengunjung untuk melakukan subscribe terhadap situs program afiliasi saja dan Anda mendapatkan komisi. Hal ini dikarenakan pemilik program afiliasi bertujuan untuk membangun list prospek.
  • PPC (Pay Per Click). Anda mendapatkan komisi bila seseorang melakukan klik terhadap sebuah link afiliasi atau iklan yang ditampilkan di website atau blog Anda.  Contohnya Google Adsense dan Klik Saya merupakan program PPC. Hanya saja untuk yang jenis ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.
  • PPD (Pay Per Download). Anda mendapatkan komisi bila orang yang Anda referensikan mendownload sebuah free report, file, game java gratis atau bentuk yang lain – lainnya.
  • PPV (Pay Per View) atau Pay Per Impression (PPM). Anda mendapatkan komisi berdasarkan berapa kali tampilan sebuah iklan muncul atau dilihat oleh pengunjung.

Program Affiliate PPS (pay per sale), PPL (pay per lead) dan PPC (pay per click)
adalah program-program affiliasi yang paling popular dan banyak dijalankan para pemula dan para internet marketer karena ini yang paling mudah dan menjanjikan dan juga untuk mengikuti program afiliasi ini ngga perlu bayar alias GRATIS.

Silahkan pilih jenis mana yang Anda sukai dan jalankanlah bisnis di internet.

Semoga Bermanfaat.



Suka Dengan Artikel Di Blog Ini…?
Daftarkan Email Anda Di Sini Dan Dapatkan Artikel Terbaru Saya!!!

Delivered by FeedBurner

8 pemikiran pada “Jenis – Jenis Program Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui”

  1. Terima kasih mas infonya, bagi pemula seperti saya,sebaiknya memulai bisnis online seperti apa ya mas, karena banyaknya informasi yang terserap,akhirnya malah jadi bingung untuk memulai.

    Mungkin bisa diberikan pencerahan untuk saya

Tinggalkan komentar