Inilah Pengamanan Tingkat Tinggi Pusat Data Google

Pengamanan Server Pusat Data GooglePusat data atau juga disebut dengan data center adalah sebuah server yang selalu online 24/7 tanpa henti dengan jumlah data yang tersimpan sangat banyak. Server ini berisi data-data penting bagi kelangsungan suatu perusahaan seperti Google misalnya.

Coba Anda bayangkan bagaimana server pusat data Google dengan semua jenis produk layanannya baik itu gratis maupun berbayar seperti Google apps, email, Google Checkout, Adsense, Adword dan yang tak kalah populernya adalah mesin pencarinya yang diklaim paling relevan dengan data index yang luar biasa dan belum ada satupun mesin pencari lain yang mampu mengungguli Google ini.

Jadi seperti apakah tingkat pengamanan server pusat data yang mereka lakukan untuk menjaga semua data-data penting customer mereka ini yang jumlahnya hingga ratusan juta user dari seluruh dunia?

Nah…disini saya akan share sebuah video resmi dari Google yang menunjukkan bagaimana sistem pengamanan yang mereka terapkan pada server data mereka sehingga Anda maupun saya dan orang lain yang menggunakan Google tetap lancar dan tidak ada gangguan sama sekali.

Video ini merupakan pertama kalinya Google merilisnya karena seperti kita ketahui bahwasanya server pusat data dan seluk beluk pengamanannya sebenarnya adalah rahasi perusahaan yang tidak diperbolehkan untuk dipublikasikan kepada publik. Namun Google ingin meyakinkan penggunanya bahwa data-data mereka aman dan terjamin di server pusat data Google tentunya privasi pun sangat dijaga oleh mereka. Anda bisa lihat di video ini bagaimana proses pemusnahan hardware yang berisi data-data pengguna mereka dihancurkan ketika sudah tidak bisa digunakan lagi.

Selain itu, gedung pusat data mereka tingkat pengamanannya sangat tinggi….bahkan mirip penjara dengan sistem keamanan yang canggih dengan tersedianya kamera CCTV, Sistem anti kebakaran, Pemeriksaan pada pintu masuk harus menunjukkan identitas, bahkan karyawan Google sendiri pun tidak luput dari pemeriksaan. Selain itu, akses masuk pusat data pun harus menggunakan scanner mata segala….canggih kan?

Memang pengamanan untuk server data sangatlah penting, apalagi bagi Google yang notabene adalah sebuah perusahaan online di jaringan internet dengan jumlah pengguna terbesar di dunia menurut saya pengamanan server sangatlah penting dan harus tetap dikontrol secara penuh sehingga bisnis mereka tetap berjalan lancar.

Poin Pengamanan Server Google

Memang selain Google juga banyak perusahaan online lain yang pengamanannya cukup tinggi yaitu seperti Facebook, Yahoo, Microsoft atau Hostgator dimana mereka adalah sebuah perusahaan dengan jumlah pengguna yang besar dan data-data penting milik konsumen pun ada di server data mereka yang keamanan dan privasinya sangat diutamakan.

Ok, dari pada penasaran dan terlalu panjang lebar, silahkan saja langsung tonton videonya berikut :

Bagaimana? benar-benar sistem keamanan yang terpercaya kan? Nah…bagaimana pendapat dan opini Anda? seperti biasa, saya tunggu komentar Anda di bawah…:)

10 pemikiran pada “Inilah Pengamanan Tingkat Tinggi Pusat Data Google

  1. Google memiliki pengguna yang sangat banyak dan data yang luar biasa kompleks. Artinya tingkat ketergantungan teknologi kepada Google menjadi sangat besar sehingga Google perlu mengumumkan tingkat pengamanan data. Sulit kita bayangkan akibatnya jika sistem pengamanan Google runtuh dengan tingkat ketergantungan teknologi yang luar biasa. Publikasi video ini tampaknya sebagai jaminan kredibilitas Google kepada para pengguna dan dunia.

Tinggalkan komentar