Tips Membuat Sales Letter Untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

20 385

Cara Membuat Desain Sales Letter PageJika anda berniat meluncurkan produk baru yang akan dijual secara online, sudah pasti anda harus tahu cara membuat atau mendesain sales letter anda agar konversi penjualan bagus. Tidak dipungkiri lagi, desain sales letter merupakan ujung tombak sukses atau tidaknya penjualan suatu produk disamping kualitas dan manfaat produknya.

Sebenarnya jika anda menguasai produk dan anda memiliki kemampuan menulis yang baik maka membuat sales letter tidaklah sulit, namun saat ini desain sales letter tidak seperti jaman dulu karena saat ini selain kualitas copywriting, desain graphics sebuah sales letter juga sangat penting untuk membuat kesan professional pada produk anda. Terus terang, meskipun produk anda biasa-biasa saja, namun bisa berkesan professional dan berkualitas dikarenakan desain sebuah sales letter dimana produk tersebut dijual.

Itulah, peranan sales letter memang krusial untuk pemasaran produk digital karena memang target pembeli anda adalah para netter yang melakukan inspeksi produk secara online juga yaitu melalui sebuah sales letter. Disini, peran sales letter menentukan sekali dalam memberikan penjelasan terhadap produk yang anda jual.

Berikut ini tips-tips untuk membuat dan merancang sebuah sales letter untuk meningkatkan konversi penjualan:

  • Jelaskan semua fitur dan keunggulan dari produk anda baik itu sebuah produk digital atau produk jasa. Buat list semua fitur dan keunggulan produk kemudian jelaskan masing-masing kegunaan dan keuntungannya jika mereka memilikinya. Ingat, pembeli membeli produk karena benefit dari produk yang anda tawarkan sehingga beritahukan bagaimana produk anda tersebut mampu menghemat waktu dan uang mereka jika menggunakannya atau bahkan bisa meningkatkan produktivitas mereka dalam menjalankan aktifitas bisnis mereka.
  • Buat headline yang menarik bagi pembaca terutama yang menjamah keinginan dan kebutuhan mereka. Headline harus relevan dan memberikan tawaran menjanjikan yang memang ada pada produk anda. menggunakan headline dengan tawaran janji atau jaminan akan membuat pengunjung melanjutkan keinginan mereka untuk menyimak seluruh penjelasan produk di sales letter anda.
  • Tuliskan benefit singkat dan jelas yang paling dominan pada produk anda pada paragraf pertama sales letter. Ini akan memberikan keyakinan pada pembeli atas dasar alasan mengapa anda harus menawarkan produk kepada mereka.
  • Sertakan testimonial atau review dari produk anda baik itu dari blogger atau internet marketer kredibel yang bergelut dengan topik yang relevan dengan produk anda atau dari pembeli produk anda sebelumnya. Testimonial atau review ini akan meningkatkan kredibilitas sales page anda serta memberikan kepercayaan pada pengunjung anda pada produk yang anda jual.
  • Ungkapkan harga produk yang anda tawarkan. Ini termasuk harga utama, harga diskon, harga dimesale atau harga spesial untuk pembelian tertentu. Saat ini banyak yang menggunakan harga spesial dengan penawaran bonus atau sample serta harga khusus yang biasanya lebih murah untuk sekian produk yang terjual dalam waktu tertentu alias dimesale.
  • Pastikan untuk menyertakan call to action yaitu link atau tombol pembelian produk yang diserta dengan benefit atau garansi produk (Refund). Jika anda ingin mengarahkan trafik pembeli menjadi list anda, anda bisa menempatkan form optin email sebagai pengganti tombol pembelian yang kemudian anda arahkan ke payment gateway seperti JVZoo, LapakPlus atau sistem payment point lainnya.

Tips-tips di atas merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah sales letter. Untuk melengkapi sales letter agar semakin efektif dalam meningkatkan penjualan juga diperlukan kemampuan menulis sebuah sales letter (Copywriting) dan ini tidaklah sulit jika memang anda benar-benar menguasai produk serta calon trafik anda.

Selain itu, desain grafis dari sales letter pun juga sangat membantu menjamin sales letter memiliki kemampuan menjual produk anda. Jika anda memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni baik itu menggunakan software Photoshop atau GIMP, maka anda pasti bisa merancang desain sales page dengan mudah dan professional.

Bagaimana jika anda tidak bisa atau buta sama sekali dengan desain grafis terutama untuk desain sales page?

Kebetulan saya ada solusinya, salah satu sahabat IM saya yaitu Maghfur Amin baru saja merilis produk barunya yang bernama “Marketing Graphics Botyang belum dirilis di mana pun. Produk ini berisi 21 paket grafis berupa template desain untuk menunjang sales page menjadi sales marketing page dengan tampilan keren dan istimewa. Anda bisa mengedit template-template grafik ini menggunakan software Photoshop yang selanjutnya bisa disesuaikan dengan desain yang anda inginkan. Kumpulan grafik dan template dalam produk beliau sangat lengkap yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan marketing baik itu untuk sales page, squeeze page atau personal blog yang digunakan untuk menjual produk anda. Jika anda ingin mengetahui bagaimana bentuk grafik-grafik dan templatenya, silahkan langsung cek di sini untuk lebih jelasnya.

Oya…Sebagai contoh saja, sales letter produk saya GoBlog theme meskipun terlihat biasa-biasa saja, tapi memiliki konversi yang memuaskan dan ini sudah diakui oleh salah satu sahabat IM saya yaitu Maulana Malik lewat email:

Testimoni Sales Letter

PS: Jika anda membeli produk tersebut melalui link ini, maka akan saya beri bonus keren untuk mendukung professionalitas sales letter anda yaitu berupa:

Ecover Templates

  • CD Box Cover
  • DVD box Cover
  • Hard Ebook Cover
  • Soft Ebook Cover
  • Monitor Screen Cover
  • Member Card Cover
  • Special Report Cover
  • Screenshot Cover
  • Software Box Cover
  • Video Box Cover

Banner Templates

Terdiri dari 5 tipe warna dengan masing-masing ukuran yaitu: 160×600, 250×250, 300×250, 336×280, 468×60 dan 728×90.

Anda minat dan membutuhkan produk dan bonus-bonus saya tersebut? jika ya, silahkan cek dulu detailnya di sini. :)

 

Blog Bisnis Online ditujukan untuk membantu para blogger dan internet marketer pemula bagaimana menjadi sukses dan bagaimana mereka bisa menghasilkan sesuatu yang hebat dan bermanfaat. Di blog ini, Tujuan saya adalah untuk memberikan artikel sederhana yang berkualitas untuk memahami suatu cara yang tidak akan membuat Anda bingung bagaimana menjadi blogger yang lebih baik.

20 KOMENTAR

  1. Tips sales later yang menarik, penting sekali diterapkan untuk semua model bisnis online, terima kasih mas Handoko atas bagi-bagi ilmunya :)

  2. Hallo mas, saya senang setiap membaca newsletter yg dikirimkan. Btw apa artikel ini hanya untuk penjualan jasa dan produk download ? nd sepertinya hanya untuk cms wordpress yach.
    Thx

  3. Yth Mas Handoko..
    Saya tertarik untuk produk Marketing Graphics Bot ini karena kelihatan atraktif banget…
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah graphics nya nanti bisa dirubah dalam bahasa Indonesia? Karena saya mau jual ebook bahasa Indonesia.
    2. Saya tidak melihat ada pembayaran secara tranfer manual atau ATM. Apa bisa difasilitasi ya?
    Terim kasih
    Sudjono af

    • 1. Apakah graphics nya nanti bisa dirubah dalam bahasa Indonesia? Karena saya mau jual ebook bahasa Indonesia.

      Bisa mas, asal memiliki software photoshop.

      2. Saya tidak melihat ada pembayaran secara tranfer manual atau ATM. Apa bisa difasilitasi ya?

      Pembayaran cuma via PayPal. Bisa aja, silahkan kontak saya lewat halaman kontak :)

  4. pak handoko, salam kenal sebelumnya,

    saya senang sekali berkunjung ke blog ini, saya sudah cukup lama mendalami bisnis internet, tetapi satu yang agak sulit yaitu desain website, mungkin perlu kerja ekstra. Saat ini menurut saya, memang belum ada produk yang benar-benar mengajarkan secara detail akan hal ini..

    terima kasih

  5. yup! saya rasa sales letter adalah ujung tombak dari program penjualan. banyak orang yang mampu membuat produk bisnis online bagus, namun belum tentu mampu mebuat “pancingan” sales letter yang baik.. :)

  6. ow…ternyata betul juga ya.. kalo selama ini kita membuat website bisa selalu tampil di halaman 1 google, banyak sich pengunjungnya tapi masih sepi dari transaksi. ternyata ini masalahnya… thank banget infonya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
    kalo ada contohnya mungkin lebih jelas lagi. hehehehe….

Berikan Komentar