Amankan Blog WordPress Anda !!!

70 390

Sejauh apa tingkat keamanan blog milik Anda terutama yang menggunakan platform WordPress self hosting? Aman, sangat aman atau malah ngga aman sama sekali?

Kebetulan beberapa hari yang lalu blog ini juga sempet kena gangguan infeksi virus…tapi gak pake lama sudah bisa dilumpuhkan kok. Ya…ini dah resiko kalau pake self hosting…kita sebagai blogger mesti ekstra ketat mengamankan blog kita.

So..gimana kalo hosting dari penyedia blog gratis seperti WordPress.com atau Blogger.com?

Kalau pake WordPress.com atau blogger.com saya kira amanlah…dijamin ga akan terinfeksi virus dadakan coz pasti layanan blog besar udah punya vaksin canggih sendiri buat nendang virus yang jahil..he..he.. :D

Sebenarnya ngga kepikiran buat posting artikel ini, namun setelah ada blog sahabat saya yang KO terkena serangan entah virus atau hacker pastinya yaitu blog Mashengky dan ternyata menginfeksi blog lain miliknya juga yang mungkin masih satu hosting yaitu VCC Indonesia. Tapi syukurlah sekarang udah joss lagi..he…he.. :D

Nah..berhubung sepertinya masalah keamanan blog mutlak di terapin, Kali ini saya mau bagi info sedikit mengenai plugin yang bisa digunakan untuk membantu mengamankan blog ente seperti satpam 24 jam. Kalau Anda sendiri yang punya blog kan ngga mungkin nyambi jadi satpam 24 jam..he..he… Ok, Mau tahu? Monggo…

Plugin ini sangat ampuh untuk menjaga blog Anda dari serangan para hacker yang negatif…kalau positif tidak mungkin merusak dan mengacau kan?

Plugin yang satu ini berguna untuk melacak malware atau spyware yang menyusup ke dalam server hosting blog Anda dan mendekam dalam file – file blog WP Anda.

Malware atau Spyware bisa dimungkinkan menyusup pada saat kita menggunakan FTP untuk mengupload file ke server dari PC atau laptop yang mungkin sudah terinfeksi malware atau spyware. Biasanya jika blog Anda kena masalah ini, akan terdeteksi oleh Google sebagai situs penyebar malware. Contohnya seperti yang juga pernah dialami sahabat saya Ardy Pratama.

Nah kalau ini sama seperti anti virus yang ada di PC atau laptop, hanya saja ini khusus buat anti virus blog Anda sehingga kebal terhadap virus.

Plugin ini sama kegunaannya dengan Firewall yang ada di OS Windows. Berguna sebagai benteng pertahanan dari sesuatu yang menggangu kestabilan blog Anda.

Nah..itu plugin – plugin yang bisa Anda coba terapkan untuk memperkuat jaringan keamanan blog Anda. Mau pilih salah satu atau semua Anda install ya ngga masalah.

Namun meskipun blog Anda sudah diperkuat dengan system keamanan dari plugin – plugin tersebut, sebaiknya juga periksa blog Anda secara manual agar lebih paten keamanannya.

Oya…lupa nih, sebelum install plugin – plugin di atas, ada baiknya back up dulu file WP Anda baik secara manual atau pake plugin WP DB Manager yah…

Semoga bermanfaat. :)

Art of Stealing WordPress Themes

SEO Complete Guide for WordPress

Info Artikel Terbaru!!!

Suka Dengan Artikel Saya?
Jika Ya, Silakan masukkan Email Anda Untuk Mendapatkan Update Terbaru Artikel Saya Via Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Blog Bisnis Online ditujukan untuk membantu para blogger dan internet marketer pemula bagaimana menjadi sukses dan bagaimana mereka bisa menghasilkan sesuatu yang hebat dan bermanfaat. Di blog ini, Tujuan saya adalah untuk memberikan artikel sederhana yang berkualitas untuk memahami suatu cara yang tidak akan membuat Anda bingung bagaimana menjadi blogger yang lebih baik.

70 KOMENTAR

  1. menurut pengalaman mas, yang paling ampuh dan tidak memberatkan loading yang mana??

    oia, ciri2 terkena serangan virus itu seperti apa??
    salah satu blog saya sering mendapat trackback dari blog luar yang tidak dikenal, apa itu berisiko untuk terkena serangan virus??

  2. Tips yang bagus Mas. Kalau menurut pengalaman, di antara plugin tersebut mana yang paling bagus. Artinya efektif mencegah virus dan tidak memberatkan loading.

    Ngomong-ngomong, ada nggak ya provider web hosting yang melengkapi hostingnya dengan anti virus yang selalu update?

  3. keamanan website dan serangan virus/hacker lebih banyak berperan sebenarnya ya perusahaan hosting. so seberapapun canggihnya plug-in yg terinstal jika perusahaan hostingnya lemah ya sama saja bohong besar.

  4. Mas saya pake WP 2.8.6, plugin WP DB Manager saya kok ada tulisan ”Your backup folder MIGHT be visible to the public” Padahal saya udah memindahkan file .htaccess secara benar. Kenapa ya?

    Btw, salam kenal

  5. this is incredible post … just for inform you i was read something more explaining that from few days in hxxp://www.gotmerchant.info/donats/greating.html

  6. WordPress can really be called as the blog’s giant, they dont leave a bit space for some other blog site in the market, I like them for their customizing option and plugins.

  7. terima kasih gan informasinya.. :peluk
    dulu sebelum pake wp security scan sering di Deface sama teman teman hacker…ternyata plugin itu sangat ampuh.. :cendol :cendol

  8. yang wordpress plugin yang saya suka bro… tapi saya penah baca di blog sebelah kalau untuk meggunakannya harus menyisipkan sedikit script ya????

    • Semua virus bisa menyerang hosting krn hosting itu kan juga berupa komputer seperti PC atau laptop. :D

  9. wah makasih infonya sahabat,,walau belum ada pengalamn di dunia blog,,tapi sudah tahu kalau blog itu bisa di hack juga,,kena virus,,

  10. keknya saya tidak instal theme aneh2, plugin aneh-aneh dan setting macem-macem. tapi kok kena hack. untung yang dihack cuma index.html, bisa dihapus.

    dulu pernah juga dihack. keamanan wordpress kok leman sekali ya?
    btw, makasih ya postingnya berguna :D

Berikan Komentar